full screen background image

10 Orang di Kampus yang Harus Kamu Deketin Dari Sekarang Biar Perkuliahan Lancar

Share Button
kampus

FOTO | ilustrasi. (http://bit.ly/2bATcYL/m.malesbanget.com)

Teruntuk mahasiswa baru yang sebentar lagi masuk ke dunia baru, yang berbeda jauh sekali dengan dunia SMA. Bisa jadi lebih seru atau sebaliknya. Pun dengan kamu yang mungkin masih duduk di semester-semester awal, masih ada kesempatan buat kamu mengenal lebih banyak orang di kampus.

Siapa sih yang gak pengen masa kuliahnya jadi menyenangkan? Gak peduli berapa lama kamu habiskan waktu di sana, yang penting semua urusan bisa lancar. Nah, makanya nih MBDC akan ngasih tau 10 orang di kampus yang harus kamu deketin dari sekarang biar perkuliahan lancar.

1. Staf Administrasi Kemahasiswaan
Selama kamu kuliah di sana, inilah orang yang akan jauh-jauh dari kehidupan kamu. Dia yang mengurusi segala keperluan administrasi perkuliahan, mulai dari perkara absensi, kartu ujian, sampe urusan skripsi. Makanya sedari pertama berurusan sama bagian ini, sebaiknya kamu mulai akrabin diri deh. Cuma ya gitu, butuh skill banget buat bikin mereka ramah sama kamu. Karena gak tau kenapa hampir semua kampus, pasti ngerasain hal ini.

2. Staf Keuangan
Di beberapa kampus, Biro Administrasi Akademik (BAA) dibedakan dengan Biro Administrasi Keuangan (BAK). Bagian ini adalah tempat kamu mengurus segala pembayaran, kayak uang muka, semesteran, ujian, sidang, dan wisuda. Jelas dong itu bisa jadi alasan kuat kamu mendekati orang-orang di BAK ini. Karena sepengalaman kru MBDC sih, kalau kamu berhasil kenal baik dengan mereka, masalah telat bayaran sehari dua hari akan ditolerir sama dia.

3. Tukang Fotokopian
Jasa tukang fotokopi juga gak kalah besar terhadap lancarnya kehidupan perkuliahan kamu. Makanya mulai sekarang kamu mulai deh survei-survei tukang fotokopian yang ada di lingkungan kampus. Kira-kira mana yang menawarkan harga lebih murah dan sering ngasih diskon. Eh tapi yang paling penting sih bisa mewujudkan permintaan kamu, si Roro Jonggrang (sehari semalem ngeprint tugas bisa kelar).

4. Ibu Kantin
Orang di kampus berikutnya yang harus kamu deketin dari sekarang adalah ibu kantin. Tapi bukan biar kamu bisa ngutang. Jadi buang jauh-jauh niat jahat kamu itu. Kecuali kalau kamu anaknya ibu kantin. Itu terserah kesepakatan ibu dan anak aja, mau bayar atau gak. Cuma yang jelas dengan kamu ngedeketin ibu kantin itu, kamu bisa dapetin info-info penting yang kadang cuma diketahui sama dia doang. Misalnya, info tentang mahasiswi inceran kamu. Ya, kamu tau sendirikan dua pertiga kehidupan kampus itu adanya di kantin.

5. Penjaga Perpustakaan
Orang kedua yang susah diajak senyum setelah bagian administrasi kampus ini juga harus bisa kamu deketin. Terkenal disiplin dan kaku banget sama peraturan itulah yang jadi pr kamu buat bisa bikin dia menolerir kesalahan-kesalahan kamu, seperti telat balikin buku, hilangin buku, ngerusakin buku, dll. Makanya gerak dong dari sekarang, karena dia adalah salah satu orang yang akan memuluskan kamu saat ngerjain skripsi nanti.

6. Security Kampus
Mungkin dialah orang pertama yang kamu kenal saat menginjakan kaki pertama di kampus. Dia juga yang akan menjaga keamanan kendaraan kamu, selain tukang parkir. Gak cuma itu, saat kamu pulang malem, kegiatan kampus udah selesai, dan pintu gerbang kampus udah ditutup, dialah yang akan bukain pintu buat kamu. Makanya biar dia tetep senyum pas bukain gerbang, nongkrong bareng lah sekali-kali .

7. Kaprodi
Emang sih dosen pembimbing adalah orang yang akan jadi penentu lancar atau gak skripsi kamu nanti. Cuma kan kalau masih semester awal gini, kamu belum tau siapa yang akan jadi dosen pembimbing? Sementara kalau kaprodi (Kepala Program Studi) udah bisa kamu kenal dari hari pertama kuliah. Lagian percuma dosen pembimbing acc kalau gak ditandangani kaprodi. Makanya gih SKSD sana.

8. Admin Medsos Kampus
Di jaman serba media sosial kayak sekarang, info-info terbaru seputar kampus biasanya akan kamu dapet dari sana. Nah, biar pertanyaan dan keluhan kamu seputar kampus (lewat mention dan DM) bisa direspon cepet sama pihak kampus, mulailah cari tau siapa adminnya. Terus rajin-rajinlah menyapa admin. Dengan gitu kamu juga gak akan ketinggalan berita.

9. Ketua Kelas
Biasanya beberapa dosen mata kuliah memberlakukan kepengurusan kelas. Jadi akan ada satu mahasiswa yang ditunjuk sebagai ketua kelas. Nantinya dialah yang sering berurusan dengan dosen, perihal copy modul, pengumpulan tugas, dll. Nah, di saat itu juga kamu harus deketin si ketua kelas. Biar urusan kamu di kelas jadi lebih mudah, selalu dapet modul, catetan, dan kamu tetep ditungguin meskipun ngumpulin tugasnya telat.

10. Temen Segeng
Terakhir yang gak boleh dilupain adalah temen-temen deket kamu sendiri. Di semester-semester awal kayak gini, waktunya kamu buat quality time sama mereka. Jalin hubungan yang sebaik-baiknya. Karena nanti pas udah skripsian, kalian akan susah tuh buat nongkrong dan ketawa bareng. Belum lagi kalau ada di antara kalian yang lulus duluan. Makin jauh deh tuh.

Oke deh, semoga kamu berhasil ngedeketin orang-orang di atas ya biar perkuliahan kamu lancar sampe akhir. Sampe lulus nanti. Langsung komen deh.

Sumber | MALESBANGET.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM