oleh

10 Pencarian Terpopuler Google Indonesia Sepanjang 2016

Share Button
tony-keusgen
Tony Keusgen Managing Director Google Indonesia dalam pengumuman pencarian populer Google Indonesia tahun 2016. FOTO | TEMPO/Maya Nawangwulan 

Jakarta-Seperti biasanya, Google mengumumkan pencarian populer sepanjang tahun. “Tahun ini pencarian Google Indonesia didominasi oleh momen dan perspektif,” kata Tony Keusgen Managing Director Google Indonesia di The Gunawarman Jakarta, Rabu 14 Desember 2016.

Ia menyampaikan pencarian sepanjang tahun ini dilakukan baik melalui ponsel maupun komputer desktop. Pencarian terbagi kedalam 16 kategori yaitu tokoh, berita lokal, berita Internasional, selebriti, lagu, film, meme, atlet, resep, cara untuk, teknologi, aplikasi, game, gawai dan otomotif.

Berikut 10 pencarian populer sepanjang 2016 di Indonesia.

1. Pokemon Go
Permainan di telepon seluler yang mewabah sejak pertengahan tahun, di mana pemainnya harus mencari monster-monster yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Permainan ini menggabungkan Augmented Reality, Global Positioning System dan kamera dalam ponsel untuk bisa dimainkan.

2. Gerhana Matahari
Fenomena alam Gerhana Matahari Total yang jarang terjadi ini melewati Indonesia pada 9 Maret 2016. Melintasi 11 Provinsi di Indonesia dan membuat aktivitas penelitian dan peneropongan dilakukan hampir seluruh masyarakat Indonesia baik melalui alat khusus ataupun alat sederhana buatan sendiri.

3. Timnas Indonesia
Tim Nasional Sepak Bola Indonesia berkali-kali melakukan pertandingan sepanjang tahun 2016. Seperti Piala AFF yang sedang berlangsung saat ini.

4. Gempa Aceh
Gempa tektonik kembali melanda provinsi Daerah Istimewa Aceh 11 Desember 2016. Gempa berkekuatan 6,5 Skala richter ini membuat banyak bangunan rubuh dan jalanan retak di daerah Pidie dan Bireun. Lebih dari 100 orang warga Aceh meninggal dunia akibat gempa ini.

5. Donald Trump
Pengusaha bidang properti Amerika Serikat Donald Trump berhasil terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat. Kandidat yang diusung partai Republik ini berhasil mengungguli suara Hillary Clinton pada pemilu November lalu.

6. Mukidi
Cerita komedi bertajuk atau bertokoh nama Mukidi berhasil bertengger di daftar pencarian teratas Google Indonesia. Aneka komedi tentang Mukidi dicari banyak netizen Indonesia di 2016.

7. Demo 4 November
Jutaan umat Islam di Indonesia menggelar aksi demonstrasi yang terpusat di silang Monas Jakarta. Demo yang dilakukan umat Islam dari seluruh wilayah Indonesia ini menuntut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diadili atas perbuatannya mencatut ayat Al-quran saat melakukan kunjungan di Kepulauan Seribu. Ahok dianggap menistakan agama Islam dengan mencatut ayat suci Al-quran.

8. Rio Haryanto
Rio Haryanto merupakan pembalap muda Indonesia yang berhasil mencetak sejarah tampil di gelaran Formula 1 atau F1. Rio adalah pembalap pertama Indonesia yang mengikuti F1. Sayangnya, Rio harus berhenti di tengah musim karena terganjal masalah dana.

9. Jessica Kumala Wongso
Jessica Kumala Wongso, 28 tahun, menjadi terpidana atas kasus pembunuhan berencana terhadap Wayan Mirna Salihin. Mirna meninggal dunia akibat racun Sianida yang ditemukan dalam kopi Vietnam. Mirna dan Jessica melakukan pertemuan di Cafe Olivier Grand Indonesia sesaat sebelum Mirna tewas.

10. Joey Alexander
Pianis muda asal Indonesia Joey Alexander berhasil membuat kagum Indonesia karena berhasil menjadi salah satu nominator Grammy Award 2016. Joey juga sempat bermain di panggung Grammy Awards awal tahun 2016.

SUMBER | TEMPO.CO 

Facebook Comments

Komentar

News Feed