oleh

5 Pemain Muslim di Final Liga Champions 2018

Jakarta-Ada lima pemain Muslim pada final Liga Champions 2018 antara Real Madrid vs Liverpool di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Sabtu (26/5).

Final Liga Champions 2018 digelar di bulan Ramadan. Kondisi itu bisa menjadi dilema bagi lima pemain Muslim yang ada di skuat Real Madrid dan Liverpool, yang harus menjalani ibadah puasa.

Madrid memiliki dua pemain Muslim di skuat mereka, yakni Karim Benzema dan Achraf Hakimi. Sementara di Liverpool ada tiga pemain Muslim: Mohamed Salah, Emre Can, dan Sadio Mane. Berikut ini adalah profil dari kelima pemain Muslim tersebut:

1. Achraf Hakimi
Bek kanan 19 tahun tersebut merupakan pemain keturunan Maroko. Ia memulai karier sepak bola saat tujuh tahun dan bergabung dengan klub asal Spanyol, Ofigevi, pada 2005.

Achraf Hakimi menjadi full-back pelapis di Real Madrid.FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)
Achraf Hakimi menjadi full-back pelapis di Real Madrid.FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM

Setelah setahun di Ofigevi, Hakimi bergabung dengan tim muda Real Madrid selama 10 tahun. Ia lalu melanjutkan karier seniornya di Real Madrid B (2016-2017), dan kini berada dalam asuhan Zinedine Zidane.

Berdasarkan data Transfermarkt, Hakimi sudah menyumbang dua gol dan satu assist dalam 1.315 menit bermain. Selain di Madrid, ia juga membela timnas Maroko sejak 2016.

2. Karim Benzema
Benzema lahir di Lyon, Prancis, pada 1987. Sebagai keturunan Aljazair dan penganut agama Islam, pemain terbaik Prancis pada 2011, 2012, dan 2014 tersebut merupakan Muslim yang taat dan selalu menunaikan ibadah puasa ketika Ramadan.

Karim Benzema sudah membela Real Madrid selama sembilan musim.FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)
Karim Benzema sudah membela Real Madrid selama sembilan musim.FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)

Penyerang 30 tahun ini sudah bergabung dengan Real Madrid sejak 1 Juli 2009. Nilai transfernya saat itu €35 juta atau kurang lebih Rp581 juta.

Musim ini dia sudah mencatat 11 gol dan 12 assist untuk Los Blancos dalam 3.148 menit bermain.

3. Mohamed Salah
Salah adalah satu di antara pesepakbola Islam yang tak sungkan menunjukkan identitasnya sebagai Muslim yang taat dalam lapangan hijau. Winger Liverpool dan timnas Mesir ini kerap mengekspresikan kegembiraannya dengan sujud syukur usai mencetak gol.

Sujud syukur menjadi selebrasi khas Mohamed Salah setiap mencetak gol.FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)
Sujud syukur menjadi selebrasi khas Mohamed Salah setiap mencetak gol.FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)

Pemain kelahiran Mesir, 15 Juni 1992, terlahir dari keluarga Muslim yang taat. Magi, istri Salah, bahkan menamai anaknya Makka yang terinspirasi dari Mekkah, kota suci umat Islam dan tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Kendati merumput di beberapa klub Eropa, di mana pemeluk Islam menjadi minoritas, Salah yang kini merapat ke Liverpool, tak meninggalkan identitasnya sebagai muslim yang taat. Pemain terbaik Afrika 2017 itu total mencetak 44 gol dan 16 assist dalam 4.089 menit bermain pada musim ini.

4. Emre Can
Pesepak bola Muslim berkebangsaan Jerman ini pindah ke Liverpool dari Bayer Leverkusen pada 3 Juli 2017. Nilai transfernya berkisar £9,75 juta atau sekitar Rp184 miliar.

Emre Can sempat sempat mengalami cedera menjelang laga final Liga Champions 2018. FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)
Emre Can sempat sempat mengalami cedera menjelang laga final Liga Champions 2018. FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)

Musim ini, Can menyumbang enam gol dan lima assist dalam 2.935 menit bermain. Satu dari enam gol tersebut ia cetak ketika Liverpool mengalahkan NK Maribor dalam babak penyisihan Grup E Liga Champions pada 1 November 2017.

5. Sadio Mane

Sadio Mane menjadi salah satu andalan Liverpool di lini depan. FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)
Sadio Mane menjadi salah satu andalan Liverpool di lini depan. FOTO VIA | CNNINDONESIA.COM)

Gelandang Liverpool dan timnas Senegal tersebut dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Pemain 26 tahun itu sering berdoa sebelum bertanding. Awal karier sepak bola dia tidak berjalan dengan mudah. Ayahnya sempat melarang dia bermain bola saat masih anak-anak.

Kini Mane sudah menjadi pemain yang mendunia dan pernah mendapat penghargaan sebagai pemain Liverpool terbaik pada 2016/2017. Jelang final Champions 2018, ia sudah mencatat 19 gol dan sembilan assist dalam 3.390 menit bermain.[]

(Sumber | CNNINDONESIA.COM)

Facebook Comments

Komentar

News Feed