full screen background image

Hadapi Valencia Malam Ini, Barcelona Pikul Beban Berat

Share Button
Ekspresi pemain Barcelona, Lionel Messi setelah Atletico Madrid mencetak gol kedua pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champiosn di Vicente Calderon, Madrid, 13 April 2016. AP/Paul White

Ekspresi pemain Barcelona, Lionel Messi setelah Atletico Madrid mencetak gol kedua pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champiosn di Vicente Calderon, Madrid, 13 April 2016. AP/Paul White

Jakarta Barcelona akan menghadapi Valencia dalam lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Senin dinihari nanti. El Blaugrana akan menjalani laga ini dengan membawa dua beban sekaligus.

Pertama, sebagai juara bertahan, Barcelona baru tersingkir di babak semifinal Liga Champions Eropa setelah dikalahkan Atletico Madrid  dengan skor agregat 2-3. Kedua, di La Liga mereka terus gagal menang dalam tiga laga terakhir termasuk dikalahkan Real Madrid dan Real Sociedad.

Karena rentetan hasil buruk itu, posisi Barcelona di puncak klasemen kian terancam. Kini tim asuhan Luis Enrique itu hanya unggul satu angka dari Atletico Madrid yang sudah memainkan satu laga lebih banyak.

Dengan posisi seperti itu, kekalahan di laga ini akan membuat posisi Barcelona kian tak aman. Tak heran, bila Enrique meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan yang lalu dan berusaha bangkit. “Tentu saja mereka (para pemain) merasa kecewa dan ini kondisi yang sulit, namun kami profesional. Kami akan berkonsentrasi untuk hal-hal positif,” kata dia.

Baca: Masa-masa Sulit Barcelona, Bagaimana Messi dkk Bangkit?

Ia meminta pasukannya tetap optimistis. “Kami tidak pernah berpikir telah melakukan semua dengan benar, tapi bukan pula hanya karena telah mengalami kemunduran lantas saya akan mengatakan kami telah melakukan segala sesuatu yang salah. Kita harus tetap optimistis, tidak ada gunanya menangis,” kata Enrique.

Selain di La Liga, Barca masih berpeluang mengejar gelar juara di Piala Raja Spanyol (Copa del Rey). Pada final yang akan digelar pada 22 Mei mereka akan melawan Sevilla.

SUMBER | TEMPO.CO

Facebook Comments