full screen background image

Inilah 10 Makanan yang Kaya Zat Besi

Share Button
Ilustrasi/Tempo.co

Ilustrasi/Tempo.co

Jakarta – Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi fungsi tubuh. Fungsi yang paling penting adalah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh lewat sel-sel darah. Zat besi juga merupakan nutrien penting dan harus didapatkan dari makanan.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan memunculkan gejala kelelahan, terutama wanita yang sedang menstruasi. Lalu makanan apa saja yang kaya akan zat penting.

1. Kerang-kerangan
Selain lezat, berbagai jenis kerang sangat bergizi dan mengandung zat besi yang tinggi.

2. Bayam
Kaya akan antioksidan tapi dengan kadar kalori rendah. Zat karotenoid yang merupakan antioksidan sangat baik untuk mencegah kanker, radang akut, dan masalah penglihatan.

3. Jeroan
Jeroan seperti liver, ginjal, otak, dan hati mungkin dihindari banyak orang karena mengandung kolesterol dan asam urat yang tinggi. Namun di pihak lain, jeroan juga mengandung zat besi tinggi. Jeroan juga mengandung kolin yang baik buat kesehatan otak.

4. Kacang-kacangan
Buncis, kedelai, atau kacang polong adalah sumber zat besi yang sangat baik, selain folat, magnesium, dan potasium. Mereka juga kaya akan serat yang bisa membuat kenyang lebih lama dan bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Daging merah
Sama seperti jeroan, daging merah juga dihindari banyak orang meski faktanya daging juga banyak kandungan yang baik seperti zat besi, seng, selenium, dan vitamin B1 dan B2.

6. Biji labu
Lebih populer dengan sebutan kwaci, camilan yang gurih dan mudah dibawa.

7. Kalkun
Di Indonesia, kalkun memang bukan jenis hewan yang banyak dikonsumsi. Tapi di luar negeri, kalkun adalah salah satu makanan istimewa karena sangat lezat dan bergizi.

8. Brokoli
Selain zat besi, brokoli juga kaya akan folat dan vitamin K.

9. Tahu
Sangat  populer di Asia, kaya akan tiamin dan beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, dans elenium.

10. Coklat hitam
Dipercaya bisa membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke karena kaya akan flavanol.

SUMBER | TEMPO.CO

Facebook Comments