full screen background image

Wartawan itu Mitra Pemerintah

Share Button
Foto | Antara

Foto | Antara

Aceh Timur  – Wartawan yang benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kontrol sosial adalah mitra pemerintah. Sehingga wartawan diajak sama-sama mengawasi pembangunan di daerah ke arah yang lebih baik.

”Wartawan itu mitra pemerintah. Sebagai mitra mari kita sama-sama membangun daerah ini ke arah yang lebih baik,” kata Bupati Aceh Timur, H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky ketika membuka Konferensi-V Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Timur di Aula Kantor Kementerian Agama Aceh Timur di Idi, Rabu 1 Juni 2016.
Menurut dia, wartawan itu memiliki tugas mengontrol dan mengawasi pembangunan di daerah. Namun, PWI sebagai wadah organisasi profesi diharapkan benar-benar menjalankan fungsi dan tugasnya dalam membina wartawan, khususnya di Kabupaten Aceh Timur, sehingga keberadaan wartawan benar-benar sebagai mitra pemerintah.
Sementara itu, Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman, SE, M.Si dalam sambutan sebelumnya mengaku, pertumbuhan wartawan khususnya di Aceh sangat cepat, namun dia yakin dan percaya wartawan yang menjadi anggota PWI adalah wartawan yang lulus tahapan demi tahapan menjadi anggota PWI, bahkan sebagian besar secara bertahap telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW).
”Menjadi anggota PWI itu tidak mudah, karena wartawan yang menjadi anggota PWI itu tak sebatas wartawan yang menjinjing kamera, tetapi benar-benar berkarya dibidang jurnalistik,” kata Tarmilin Usman seraya menambahkan, wartawan yang bernaung dibawah PWI benar-benar wartawan yang memiliki kode etika jurnalistik.
”Jika ada wartawan di PWI yang tidak beretika, maka laporkan ke kami di PWI, supaya dapat kami proses sesuai dengan KEJ. Begitu juga jika ada wartawan yang memeras, maka laporkan ke kami dan laporkan ke perusahaan pers tempat dia bekerja, supaya dapat diproses secara hukum. Tidak perlu takut dengan wartawan, karena negara kita negara hukum,” terang Tarmilin Usman.
Sedangkan hasil Konferensi-V PWI Aceh Timur, Musyawir dari Harian Waspada terpilih terpilih sebagai Ketua PWI Aceh Timur Periode 2016-2019. Sedangkan susunan kepengurusan, Musyawir (Harian Waspada) sebagai Ketua, Ilyas Ismail (Harian Rakyat Aceh) sebagai Sekretaris dan Muhammad H.Ishak (Harian Waspada) sebagai Bendahara.
SUMBER | ANTARA
Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.