full screen background image

Jangan Sembarangan! Kondisi Gigi Seperti Ini yang Butuh Pemasangan Kawat Gigi

Share Button
Ilustrasi. Foto |thinkstock

Ilustrasi. Foto |thinkstock

Jakarta – Penggunaan kawat gigi sebenarnya ditujukan untuk memperbaiki kontur gigi dan mulut. Sehingga, pemakaian kawat gigi pun tak boleh sembarangan. Selain itu, ada kondisi-kondisi yang membuat seseorang memang sebaiknya memakai kawat gigi.

Seperti penuturan Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD dari RS Pondok Indah, kondisi gigi yang harus menggunakan kawat gigi adalah gigi yang tidak teratur. Dalam hal ini, ada ketidakteraturan pada lengkungan gigi seperti ada gigi yang tapak ke luar dan ke dalam.

“Lalu, gigi yang jarang-jarang atau renggang dan biasa disebut dengan diastema. Kemudian, gigi yang hubungan rahang atas dengan bawah tidak normal yaitu rahang atas lebih tonggos ataupun sebaliknya,” kata Prof Heriandi saat berbincang dengan detikHealth.

Ia menekankan, kondisi gigi seperti itu harus diperbaiki dengan kawat gigi. Sebab, jika tidak dibenahi dan gigi terus dalam kondisi seperti itu, akan membuat fungsi pengunyahan tidak sempurna. Pada kondisi gigi yang tak rapu pun bisa menimbulkan risiko kontak trauma pada gigi, gangguan sendi rahang, dan pusing pada bagian pundak sampai kepala.

Baca juga: Pakai Behel untuk Gaya-gayaan Banyak Risikonya, Susah Mingkem Salah Satunya

Dalam menggunakan kawat gigi, Prof Heriandi mengingatkan bahwa pemasangan kawat gigi harus dilakukan dengan prosedur yang benar dan dilakukan oleh orang yang sudah berkompeten.

“Dalam prosedurnya kondisi gigi harus difoto dan cetak terlebih dahulu untuk dipelajari langkah apa yang akan diambil selanjutnya, apa pencabutan atau ekspansi gigi,” tutur Prof Heriandi.

Baca juga: Awas! Pasang Kawat Gigi Tak Boleh Sembarangan, Harus dengan Ahlinya

SUMBER | DETIK.COM

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.