full screen background image

Aceh Gelar Festival Pulau Banyak

Share Button
Festival Pulau Banyak

Festival Pulau Banyak. FOTO | http://disbudpar.acehprov.go.id 

Banda Aceh-Untuk menarik minat wisatawan, Pemerintah Aceh menggelar Festival Pulau Banyak. Para wisatawan bisa memanjakan diri dengan menikmati keindahan bahari, snorkling, diving, atraksi seni, budaya, dan kuliner pulau terluar yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil itu.

Festival Pulau Banyak akan berlangsung selama tanggal 24 hingga 25 Juli ini yang dipusatkan di Pulau Balai. Pulau Banyak merupakan gugusan 99 pulau yang terletak di wilayah hukum Aceh Singkil, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pulau Banyak didiami oleh warga multietnis, seperti Aceh, Minangkabau, Batak, Nias, dan suku lainnya. Nah, pluralisme dan multikultur itu dikemas dalam berbagai macam atraksi seni dan budaya serta kuliner selama Festival.

Di Festival akan disuguhkan tari gelombang, arak jikir, tari rande, tari padang, tari bungkus, tari adok, tari pulo pinang, tari anak, tari lansir madam, dan tari maina gese.

Ada pula lomba memancing yang menambah keseruan festival ini. “Event ini kita gelar untuk mempromosikan Pulau Banyak sebagai salah satu destinasi wisata di Provinsi Aceh. Kita berharap, sektor wisata menjadi salah satu sektor andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pulau Banyak,” kata Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Fahlevi kepada acehkita.com, Sabtu (23/7/2016).

Guna memaksimalkan kapasitas masyarakat Pulau Banyak tersebut, sambung Reza, Disbudpar merencanakan akan mengadakan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan guide, pelatihan pengelola kuliner, pelatihan snorkling dan dive guide, pelatihan pengelola homestay.

Di samping itu pula, perlu diadakan peningkatan terhadap fasilitas-fasilitas dasar pada objek destinasi wisata, seperti musala, toilet, ruang ganti dan lain-lain. Tahun 2015, penataan fasilitas di Pulau Palambak kawasan Pulau Banyak sudah direalisasikan.

“Tahun lalu kami membawa para blogger, fotografer dan travel writers ke Pulau Banyak. Tahun ini pada event Festival Pulau Banyak, kami juga mengikutsertakan berbagai media massa, baik online maupun cetak. Tentunya, ini tergantung pada kesiapan kita semua,” lanjut Reza.

Ia berharap, Festival Pulau Banyak menjadi event tahunan di Kepulauan Banyak dan dilaksanakan secara konsisten sehingga akan semakin baik dan wisatawan pun akan banyak berkunjung.

Reza menambahkan, Festival Pulau Banyak mestinya menjadikan Aceh, terutama Aceh Singkil sebagai salah satu tujuan wisata halal. Pelestarian seni budaya Aceh juga menjadi faktor utama sebagai tameng dalam menghadapi pengaruh globalisasi serta invasi budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Ia juga mengimbau semua pihak agar mendukung upaya ini demi menjaga kultur Aceh tetap lestari sepanjang masa.

Pada kesempatan kali ini pula, atas dukungan Kementerian Pariwisata RI melalui Disbudpar Aceh akan menyerahkan bantuan berupa peralatan yang mendukung usaha pariwisata di Pulau Banyak, seperti peralatan snorkling, seperti live jacket, kacamata selam, dan lain lain.

Sumber | ACEHKITA.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM