full screen background image

Aceh Miliki Lima Pelabuhan Potensial, Apa Saja?

Share Button
Penyambutan Peti Kemas Perdana 4

Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah saat menghadiri dan meresmikan Harbour Mobile Crane (HMC) pada Penyambutan Kapal Peti Kemas Perdana di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar, Jumat 5 Augustus 2016. FOTO | Ist

Krueng Raya-Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah menyebutkan, saat ini Aceh memiliki sedikitnya lima pelabuhan laut yang potensial sebagai jalur pelayaran dunia, yaitu, Pelabuhan Sabang yang dirancang sebagai Pelabuhan utama internasional, Pelabuhan Malahayati sebagai pelabuhan penghubung atau feeder tol laut Indonesia.

Di kawasan Pantai Timur Aceh, terdapat Pelabuhan Krueng Geukueh dan Kuala Langsa. Sedangkan di kawasan Pantai Barat, Aceh memiliki pelabuhan Calang yang beberapa waktu lalu telah diresmikan operasionalnya oleh Kementerian Perhubungan RI.

Gubernur berpendapat, seiring dengan hadirnya Program Tol Laut dan pengembangan kawasan maritim Indonesia, maka sudah saatnya pelabuhan-pelabuhan tersebut dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi Aceh.

“Kehadiran kapal peti kemas yang berlayar dari Pelabuhan Tanjugpriok ini,membuktikan bahwa Pelabuhan Malahayati telah memberikan imbas positif bagi perkembangan perekonomian Aceh. Kita berharap pelayaran ini terus berlanjut sehingga pelabuhan ini semakin ramai didatangi kapal-kapal peti kemas dari berbagai daerah,” ujar Gubernur Zaini, pada peresmian pengoperasian Harbour Mobile Crane atau HMC dan penyambutan kapal petikemas perdana, yang dipusatkan di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Jum’at, 5 Agustus 2016.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.