full screen background image

[AIRF 2016] Raseno Arya: Aceh Luar Biasa

Share Button
Raseno Arya

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Raseno Arya. FOTO | SKANAA.COM 

‘Aceh Luar Biasa.’ Itulah kalimat pertama yang diucapkan Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Raseno Arya, sesaat setelah tiba diatas panggung untuk menyampaikan sambutannya pada malam pembukaan Aceh Internasional Rapa’i Festival (AIRF) tahun 2016, Jum’at malam, 26 Agustus 2016, di Taman Ratu Safiatuddin, kawasan Lamprit, Kota Banda Aceh .

“Ini adalah event yang sangat luar biasa. Malam ini kita menyaksikan Rapa’i. Kita baru saja menyaksikan penampilan pembuka yang luar biasa tadi. Masukan saya kepada Pemerintah Aceh, kita harus membuat event ini lebih besar lagi tahun depan. Saran saya, untuk tahun 2017 kita selenggarakan di Jakarta agar gaungnya lebih terasa.”

Arya mengatakan,untuk mencapai target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta perjalanan wisatawan nusantara, maka event-event budaya seperti Aceh Internasional Rapa’i Festival ini perlu diperbanyak
“Tahun 2017 event ini sebaiknya dilaksanakan di Jakarta. Tolong sampaikan kalender event 2017 ke ke kami (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif-red) agar kita agendakan tahun depan, dan biayanya tentu saja kami yang akan menanggung,” ujar Arya.

Dalam sambutannya, Arya juga menyebutkan bahwa dirinya sempat kesulitan untuk membeli tiket ke Aceh. ha ini menurutnya telah membuktikan, bahwa saat ini Aceh telah dilirik oleh wisatawan.

“Tak hanya pertunjukan seni dan budaya, potensi pariwisata Aceh juga beragam. Wisata Bahari Aceh sangat luar biasa, kulinernya juga luar biasa. Kalau di Jakarta itu yang terkenal Mie Aceh dan Ayam Tagkap,” tambah Arya.

Pembukaan Aceh Internasional Rapa’i Festival ditandai dengan penambuhan Rapa’i oleh perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh, yang dirangkai dengan pertunjukan seni dari grup Palito Nyalo asal Sumatra Barat dan grup Long Yao asal Thailand. Ribun masyarakat yang hadir tak henti memberikan tepuk tangan meriah sebagai apresiasi atas pertunjukan pada malam pembuka ini.

Sabtu, 27 Agustus 2016, acara akan dimulai pukul 16.30 Wib yang diisi dengan pertunjukan dari grup asal Malaysia, China dan Grup Palito Nyalo asal Sumbar, di Taman Budaya. Malam hari, di Panggung Utama PKA akan tampil dua jenis rapa’i Aceh serta penampilan Gilang Ramadhan, Rafli, penampilan grup dari Aceh Tamiang dan Sumatera Utara.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM