full screen background image

[AIRF 2016] Sekda Aceh Tabuh Rapa’i Pasee

Share Button
Rapa'i Pasee

Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM, saat menabuh rapa’i Pasee pada malam pembukaan Aceh Internasional Rapa’i Festival (AIRF) tahun 2016, Jum’at malam, 26 Agustus 2016, di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh. FOTO | Ist

Banda Aceh-Suasana sempat riuh sesaat sebelum Sekda Aceh membacakan sambutan tertulis Gubernur Aceh. Mendapatkan persembahan Rapa’i kolosal yang sangat memukau dari seratusan penabuh Rapa’i, yang terdiri atas gabungan sejumlah komunitas rapa’i Aceh dan berkolaborasi dengan penyanyi Joel Pase, yang membawakan lagu Pasang Jabet, Sekda Aceh langsung naik ke atas panggung di dampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh untuk memberikan apresiasi kepada para penampil.

Usai membacakan sambutan tertulis gubernur dan membuka secara resmi Aceh International Rapa’i Festival, Dermawan kembali membuat kejutan. Seperti masih takjub dengan penampilan kolosal para penabuh rapa’i, Sekda langsung menuju ke kelompok penabuh Rapa’i Pasee dan mulai mengikuti irama tabuhan kelompok tersebut. Tidak ingin menyinyiakan momen langka tersebut, sejumlah jurnalis langsung merangsek ke panggung untuk mengabadikan saat Sekda menabuh Rapa’i Pasee.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs. Reza Fahlevi, M.Si, yang juga bertindak sebagai ketua panitia Aceh Internasional Rapa’i festival ini menyebutkan, bahwa ada empat hal yang menjadi tujuan dari digelarnya perhelatan akbar ini, yaitu bertujuan untuk melindungi nilai-nilai tradisi.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan Rapa’i ke dunia internasional karena alat musik ini memiliki berbagai jenis. Kegiatan ini juga sebagai media untuk meningkatkan kapasitas antar pelaku budaya. “Dalam acara ini juga akan digelar choaching klinik serta kolaborasi. Ini tentunya akan menambah pengalaman dan kemampuan para peserta. Dan yang terpenting tent saja, event ini merupakan media yang sangat tepat untuk mempromosikan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal di Indonesia dan dunia,” sebutnya menuturkan.

Masih kata Reza, Aceh Internasional Rapa’i Festival juga akan dilaksanakan di Taman Budaya dan Museum Tsunami. Sejumlah artis lokal dan internasiona juga akan mengisi even yang akan berlangsung selama empat hari itu. “Sejumlah artis lokal nasional dan mancanegara akan mengisi rangkaian kegiatan Aceh Internasional Rapa’i festival ini, diantaranya Rafly, Tompi, Gilang Ramadhan, Daod Debu, Steve Thornton. Selain itu akan ada penampilan dari grup asal Thailand, Malaysia, Iran, China, dan Jepang,” tambah Reza.

Sedangkan dari tingkat nasional, lanjut dia, akan ada enampilan dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Makassar dan Surabaya. Sementara untuk peserta lokal, hampir seluruh kabupaten/kota akan menunjukkan kebolehannya di panggung utama PKA, Taman Budaya dan Museum Tsunami.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM