full screen background image

Apa Kata BJ Habibie Soal Alien dan Teori Bumi Datar?

Share Button
Mantan Presiden RI, B.J Habibie dan presenter Najwa Shihab saat pengambilan gambar acara talkshow Mata Najwa, pada 30 Agustus 2014. Program talkshow Mata Najwa akan berhenti tayang setelah tujuh tahun mengudara. Dok. TEMPO

Mantan Presiden RI, B.J Habibie dan presenter Najwa Shihab saat pengambilan gambar acara talkshow Mata Najwa, pada 30 Agustus 2014. Program talkshow Mata Najwa akan berhenti tayang setelah tujuh tahun mengudara. Dok. TEMPO 

Jakarta-Presiden Indonesia ke-3, Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), sempat angkat bicara soal alien, teori bumi datar, dan pesawat R80. Pria jenius di bidang teknologi pesawat terbang kelahiran 25 Juni 1936 ini tepatnya berbicara di channel YouTube Najwa Shihab.

Video yang berjudul “Eyang Habibie Menjawab Soal Pesawat, Bumi Datar, dan Alien” itu diunggah pada 22 Desember 2017. Hingga berita ini diturunkan, video ini telah ditonton lebih dari 281 ribu kali.

Najwa memulai dengan pertanyaan soal maksud crowdfunding pesawat R80. “Itu bukan untuk membuat pesawat, tapi untuk mengamankan proyek ini agar tidak terulang lagi kejadian N250,” ujar Habibie, yang juga sempat menjabat Menteri Riset dan Teknologi.

Saat itu, dia bercerita, setelah produksi N250 selesai, tapi para pekerjanya seolah “dibuang” begitu saja. Walhasil, kata Habibie, banyak negara membuat pesawat yang sama persis dengan N250 dan berjaya hingga sekarang.

“Crowdfunding ini untuk mengajak masyarakat Indonesia agar peduli dengan produk anak bangsa. Harapannya, kalau nanti ada yang macam-macam dengan R80, kita bisa ramai-ramai melawan,” ujar dia.

Perbincangan berlanjut ke soal alien. Najwa membacakan pertanyaan yang diajukan warganet melalui media sosial Instagram. “Saya ingin bertanya, apakah eyang percaya kehidupan di luar bumi selain manusia (alien)? Terima kasih. Salam cinta dan hormat untuk eyang Habibie dan Mbak Najwa,” kata Najwa membacakan pertanyaan dari akun @Pransienda.

“Eyang percaya sama alien,” Najwa mengulang pertanyaan. Habibie langsung menyambut pertanyaan itu dengan lugas, “Sampai sekarang tidak ada bukti dari sudut ilmu pengetahuan, bahwa planet di sekitar kita ada kehidupan. Kondisi juga tidak memugkinkan. Entah itu suhu telalu tinggi, tidak ada cairan, atau terlalu dingin. Paling menguntungkan itu di bumi.”

Habibie menjelaskan, bumi itu nyaman. Planet ini, dia menjelaskan, terlindungi medan magnet yang bisa menolak radiasi kosmos dan sinar ultraviolet yang membahayakan manusia.

“Jadi karena tidak ada bukti, eyang tidak percaya?” Najwa kembali bertanya.

“Tidak percaya,” jawab Sang Profesor.

Najwa kemudian membacakan pertanyaan kedua.Kali ini soal teori bumi datar. “Assalammualaikum eyang, mau nanya. Eyang percaya sama teori bumi datar gak?” kata Najwa mengutip pertanyaan dari akun Instagram @Rezhara.

Mendengar itu, Habibie tergelak, “Apa maksudnya?”

“Bumi datar, Eyang. Flat earth,” Najwa menegaskan.

“Tidak. Kita kan tahu persis bumi itu bulat,” jawab Habibie.[]

Sumber | TEMPO.CO 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.