oleh

Aplikasi Parkiran untuk Memudahkan Parkir

aplikasi-parkiran
perlihatkan aplikasi parkiran untuk memudahkan parkir. FOTO | REPUBLIKA.CO.ID 

[clickToTweet tweet=”Aplikasi Parkiran untuk Memudahkan Parkir” quote=”Aplikasi Parkiran untuk Memudahkan Parkir”][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Jakarta-Dinamika permasalahan parkir terus bergulir dengan masalah yang datang silih berganti, mulai dari jumlah kendaraan yang meningkat pesat dan lahan parkir yang terbatas. Beragam solusi pun coba dilakukan pemerintah dengan membagi zona parkir beragam tarif hingga tindakan tegas bagi para pelanggar parkir di jalanan.

Melihat realitas ini, sebuah aplikasi startup bernama Parkiran resmi diluncurkan. Parkiran menjadi solusi baru bagi para pengendara yang ingin memarkirkan kendaraannya dengan aman dan nyaman berkat fitur asuransi yang melindungi keamanan kendaraan, harga parkir yang jelas, kemudahan pembayaran dengan sistem tunai atau tidak.

Selain pengendara, para mitra yang menyediakan lahan parkir juga ikut kebagian manfaatnya. Karena dapat dipastikan mitra yang bergabung bersama aplikasi Parkiran mendapatkan nilai tambah dari lahan tidur yang dimiliki.

“Salah satunya memberikan asuransi terhadap kendaraan yang parkir. Mitra yang mempunyai fasilitas, Anda tinggal gunakan parkiran dan bisa one stop service sesuai dengan kebutuhan,” kata CEO & Founder Parkiran Hatta Afkar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/1).

Saat ini sudah ada 25 mitra yang tersebar di Jabodetabek, sebanyak 15 diantaranya sudah online. Dari 25 mitra tersebut, Parkiran telah mendapat jatah 25 persen dari rata-rata kapasitas 100 untuk motor dan rata-rata lima untuk mobil yang disediakan mitra.

“Untuk jatah parkir, saya ingin mengubah pola berpikir masyarakat yang tadinya konvensional bisa meningkatkan pendapatannya dengan pendekatan digital lewat aplikasi ini,” ujar Hatta.

Bagi pengendara yang menggunakan aplikasi Parkiran ini sebenarnya cukup sederhana. Pengguna bisa mencari lahan parkir yang tersedia dengan layanan peta real time di dalam aplikasi. Cakupan wilayahnya bisa diatur untuk lahan parkir terdekat atau sesuai dengan pencarian lahan parkir yang diinginkan.

Setelah itu, pengguna bisa melakukan reservasi atau check in di lahan parkir tersebut. Jika sudah melakukan reservasi, pengguna akan mendapat tiket berupa QR code yang nantinya akan di-scan oleh juru parkir atau pemilik lahan parkir atau mitra Parkiran. Kapasitas dan ketersediaan parkiran akan terlihat secara real time dalam aplikasi

Besaran atau biaya parkir sudah ditentukan di awal. Jadi, pengguna tidak akan bingung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa parkir di tempat yang dituju.

Soal pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun lewat fitur dompet digital P Pay yang tersedia di dalam aplikasi. Aplikasi Parkiran saat ini baru tersedia untuk perangkat berbasis Android, sedangkan iOS baru akan tersedia bulan depan.

SUMBER | REPUBLIKA.CO.ID 

Facebook Comments

Komentar

News Feed