full screen background image

Asosiasi Investor Tiongkok Nyatakan Komitmen Investasi di Aceh

Share Button
David San

Asosiasi Investor Tiongkok menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf, di Bandara Kuala Namu Sumatera Utara, Selasa, 30 Agustus 2016 sore. FOTO | Ist

Medan–Belasan investor asal Tiongkok yang tergabung dalam Asosiasi Investor Tiongkok menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Aceh, H. Muzakir Manaf, di Bandara Kuala Namu Sumatera Utara, Selasa, 30 Agustus 2016 sore. Dalam pertemuan tersebut, David San, yang merupakan Sekretaris Asosiasi Investor Tiongkok, menyampaikan komitmennya untuk berinvestasi di Aceh.

“Saya sangat beruntung, dapat bertemu dengan Bapak Muzakir Manaf. Asosiasi kami yang terdiri atas 18 perusahaan, sangat antusias untuk berinvestasi di Aceh,” kata David San.

Pertemuan terpaksa dilakukan secara singkat di Bandara Kuala Namu karena Wakil Gubernur akan menuju Jakarta untuk urusan kedinasan setelah sebelumnya melakukan serangkaian kunjungan kerja di Kota langsa.

David San memanfaatkan momen singkat tersebut untuk menjadwal ulang pertemuan selanjutnya, untuk membicarakan lebih jauh terkait komitmen Asosiasi Perusahaan Tiongkok di Bumi Serambi Mekah. “Meski singkat, saya puas dengan pertemuan ini, kami dapat mengagendakan pertemuan selanjutnya untuk menbicarakan lebih rinci rencana investasi strategis antara Aceh dan Tiongkok. Sudah lebih sebulan saya berusaha mengatur pertemuan dengan Mualem, namun kami tentu saja sangat memaklumi padatnya jadwa beliau selaku Wakil Gubernur,” ujar David.

David menjelaskan, 18 perusahaan tersebut bergerak di bidang perikaan, kontruksi, jembatan, jalan, perbankan, alat berat, pembangkit listrik, dan pertambangan timah. Untuk pertambangan timah yang sudah sangat berpengalaman, saat ini perusahaan tersebut sedang melakukan aktifitas penambangan di Kepulauan Riau, mulai dari pengambilan hingga pengolahan setengah jadi yang disuplai ke indonesia, seperti Lampung dan di ekspsor ke luar negeri, seperti Tiongkok.

Pertemuan singkat tersebut difasilitasi oleh Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Medan dan Wen Rimba Raya. Sebelum berpisah, David San juga menyerahkan cinderamata berupa ukiran burung elang berbahan dasar kayu kepada Mualem.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM