oleh

Awas Lapar! Ngabuburit Lihat Masak Sie Kameng yang Lezat di Aceh

Sie Kameng adalah gulai kambing yang banyak dimasak orang Aceh pada bulan Ramadan. Ngabuburit menonton orang masak ini seru juga, tapi jangan tergoda lapar ya.

Cita rasa kuliner di Indonesia memang beragam. Di bulan Ramadan, kuliner banyak dijajakan menjelang magrib tiba. Bicara soal kuliner lezat di Aceh ada salah satu kuliner yang terbuat dari olahan daging kambing yang rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan.

Sie Kameng bahasa Acehnya! Ini merupakan gulai kambing yang diolah dari berbagai bumbu khas Aceh yang diaduk dan dimasak di dalam wajan besar yang disebut Beulangong dalam bahasa Acehnya.

Jadilah dia Kuah Beulangong, begitu sebutannya. Kuliner ini tak hanya di bulan Ramadan adanya. Hampir setiap hari disediakan di berbagai warung di Aceh. Nah, jika bulan Ramadan ada tradisi buka puasa bersama. Kuah Sie Kameng merupakan menu yang disukai dari beberapa kalangan pecinta kuliner.

Untuk membuat kuliner ini, setiap wajannya bisa saja diisi satu bahkan dua ekor kambing sesuai berat kambing tersebut. Tentunya kambing sudah disembelih dengan cara syariah dan kemudian dicincang sesuai ukuran yang diinginkan. Biasanya ukuran lebih kecil agar nantinya bisa lebih lunak saat dimakan.

Menu ini biasanya dimakan dengan nasi putih panas. Untuk mengimbangi kuah Sie Kameng ini biasanya disediakan minuman penetral yang segar berupa timun kerok atau pepaya kerok yang dicampur dengan cincau secukupnya.

Di Aceh Besar dan Banda Aceh kita bisa ketemui beberapa pedaang atau penjual Sie Kameng ini. Salah satunya di kawasan Jalan Soekarno Hatta di Desa Lampeot, Banda Ace yaitu di Kutaraja Aqiqah.

Di sini d’Traveler bisa menyaksikan langsung proses pengolahannya. Ada wajan yang besar dengan kompor drum berisi serbuk gergaji sebagai bahan bakarnya. Awas jadi lapar, ya!

Menu ini biasanya ditambah dengan potongan buah nangka muda atau pisang kepok agar rasanya lebih nikmat. Namun ada juga di beberapa desa menggunakan batang pisang sebagai tambahan menu tersebut. Batang pisang Bue biasa disebutkan, namun tetap enak rasanya tergantung selera para penikmatnya!

Tambah lagi cerita kuliner di bulan Ramadan ini sambil menunggu saat berbuka puasa di Serambi Makkah. Kamu harus mencobanya! []

(Sumber | DETIK.COM

Facebook Comments

Komentar

News Feed