oleh

Badan PBB Desak Trump Izinkan Pengungsi Masuk AS

badan-pbb
Dua badan PBB, UNHCR dan IOM, mendesak Presiden AS Donald Trump untuk mengizinkan pengungsi masuk ke negara itu. FOTO | SINDONEWS.COM 

[clickToTweet tweet=”Badan PBB Desak Trump Izinkan Pengungsi Masuk AS” quote=”Badan PBB Desak Trump Izinkan Pengungsi Masuk AS”][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Jenewa-Badan pengungsi PBB (UNHCR) dan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) meminta pemerintah Donald Trump untuk terus menawarkan suaka kepada pengungsi yang melarikan diri dari perang dan penindasan. Keduanya mengatakan program pemukiman sangat penting.

“Kebutuhan pengungsi dan migran di seluruh dunia sangat besar dan program pemukiman kembali AS adalah salah satu yang paling penting di dunia,” kata kedua lembaga yang berbasis di Jenewa itu dalam pernyataan bersama seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (28/1/2017).

IOM dan UNHCR mengatakan bahwa mereka tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah AS menuju tujuan bersama untuk memastikan keamanan dan kepastian program pemukiman dan imigrasi.

“Kami sangat percaya bahwa para pengungsi harus menerima perlakuan yang sama untuk perlindungan dan bantuan, dan kesempatan untuk mendapatkan pemukiman kembali, terlepas dari agama mereka, kebangsaan atau ras,” kata kedua lembaga itu.

Menurut kedua lembaga itu tempat pemukiman disediakan oleh setiap negara untuk pengungsi rentan. Beberapa pengungsi memerlukan perawatan medis khusus yang tidak tersedia di negara pertama pemberi suaka kepada mereka, yang sangat vital. Lebih dari 30 negara ambil bagian dalam program, yang dimulai dengan pemeriksaan oleh UNHCR.

“Kami berharap bahwa AS akan terus menunjukkan peran kepemimpinan yang kuat dan tradisi panjang melindungi mereka yang melarikan diri dari konflik dan penganiayaan,” demikian pernyataan UNHCR dan IOM.

SUMBER | SINDONEWS.COM 

Komentar

News Feed