full screen background image

Baitul Mal Aceh Salurkan Santunan Kepada Keluarga Fakir Miskin

Share Button
penyerahan-santunan

Serahkan santunan kepada keluarga miskin. FOTO | IST

Aceh Besar-Baitul Mal Aceh menyalurkan santunan Ramadhan kepada 524 keluarga miskin dari 35 gampong di Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar, Kamis, 22 Juni 2017.

Pelaksana Harian Baitul Mal Aceh, T Sulaiman, SE mengatakan, bantuan tersebut merupakan bagian dari bantuan sosial yang secara rutin diserahkan oleh Baitul Mal untuk fakir dan miskin pada setiap bulan ramadhan.

“Tahun 2017 ini ada sekitar 1878 mustahik yang akan diserahkan bantuan konsumtif ini untuk wilayah Aceh Besar yang tersebar di 121 gampong dalam enam Kecamatan,” kata Sulaiman.

Penyerahan paket ramadhan tersebut kata Sulaiman bertepatan dengan momen peringatan hari Zakat Nasional yang serentak diperingati di seluruh Indonesia setiap tanggal 27 Ramadhan.

Sulaiman menjelaskan, tahun 2017 Baitul Mal berhasil menghimpun zakat sebesar 35 miliar rupiah yang disalurkan dalam berbagai bentuk program dan kegiatan. Secara garis besar, program pada Baitul Mal Aceh dibagi dalam 4 kategori yaitu pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sosial serta dakwah and syiar islam.

“Salah satu program yang akan disalurkan hari ini adalah santunan ramadhan bagi keluarga miskain yang dananya bersumber dari dana zaka asnaf miskin,” ujar sulaiman.

Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Aceh, Drs. Syaiba Ibrahim yang mewakili Gubernur Aceh menyampaikan, Penyaluran santunan tersebut membuktikan bahwa kepedulian sosial antar sesama muslim di Aceh ini masih cukup tinggi.

“Apa yang dilakukan oleh Baitul Mal Aceh dengan menyalurkan zakat untuk para mustahiq di saat kaum muslimin menjalankan ibadah puasa merupakan langkah yang amat baik,” kata Syaiba.

Langkah penyaluran zakat ini kata Syaiba perlu diikuti dan dilakukan juga oleh Baitul Mal di seluruh Aceh maupun komponen masyarakat lainnya yang diberikan kelebihan oleh Allah SWT.

Syaiba juga menghimbau Baitul Mal Aceh dan dinas terkait lainnya agar membangun sinergitas, sehingga program bantuan, pelayanan dan pemberdayaan fakir miskin dapat dilakukan secara efektif dan berkontribusi langsung dalam mengurangi angka kemiskinan di Aceh.[]

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.