full screen background image

Banda Aceh Bakal Miliki IPAL Senilai Rp 100,9 M

Share Button
Pertemuan Pemko Banda Aceh dengan Direktur PPLP Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU, DodiKrispatmadi dan sejumlah stafnya, Kamis, 28 Januari 2016 di Balaikota, Banda Aceh/Ist

Pertemuan Pemko Banda Aceh dengan Direktur PPLP Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU, DodiKrispatmadi dan sejumlah stafnya, Kamis, 28 Januari 2016 di Balaikota, Banda Aceh/Ist

Banda Aceh–Pemerintah Kota Banda Aceh akan membangun sistem pengelolaan air limbah senilai Rp. 100,9 Miliar. Sistem yang dinamakan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) ini merupakan proyek multy year dan ditargetkan selesai pengerjaannya pada tahun 2017.

“Tahun ini mulai dikerjakan, terdiri dari 4 zona dan kita rencanakan selesaikan 2 zona dulu. Tahap pertama pemasangan instalasi pipa dimulai dari Peuniti hingga ke Gampong Jawa,” ujar Illiza usai melakukan pertemuan dengan Direktur PPLP Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU, DodiKrispatmadi dan sejumlah stafnya, Kamis, 28 Januari 2016 di Balaikota, Banda Aceh.

Kata dia, dengan sistem IPAL, maka limbah rumah tangga di Banda Aceh akan bermanfaat karena diolah sedemikian rupa dengan system yang lebih modern untuk kemudian menghasilkan pupuk dan gas metan yang bisa dimanfaatkan masyarakat kota.

“Limbah rumah tangga seperti air buangan dan tinja kan tidak perlu lagi diangkut dengan mobil karena pipa sambungan rumah (SR) langsung tersambung ke pipa induk, jadi kan lebih nyaman,” kata Illiza.

Masih kata dia, untuk tahap pertama, pihaknya dan Kementerian PU menargetkan 2000 sambungan. Ia mengharapkan masyarakat dapat bersabar dan memahami pengerjaan project in.Karena, akan ada galian tanah untuk pemasangan pipa. Masyarakat juga harus memahami tentang fungsi dan manfaat dari penggunaan pipa ini.

“Nanti akan kita sosialisasikan kepada warga. Saya minta teman-teman media juga ikut membantu agar mindset masyarakat benar-benar bisa sinkron sesuai dengan apa yang kita upayakan bagaiman kita menata kota ini semakin hari semakin teratur, lebih baik, lebih nyaman, lebih hijau sehingga lingkungan kita benar-benar terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Terwujudnya project yang dananya bersumber dari APBN ini merupakan keberhasilan Pemerintahan Illiza dalam melobi Pemerintah Pusat, yakni Kementerian PU.

Reporter | Hidayat

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM