oleh

Banda Aceh dan BPOM Akan Razia Bahan Kimia Berbahaya?

Illiza
Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE. Foto | Ist

Banda Aceh-Dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh dan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dipastikan akan menggelar razia terhadap bahan kimia berbahaya. Hal ini dilakukan dalam rangka memberi kenyamanan bagi warga kota melaksanakan ibadah puasa nanti.

Demikian antaralain diungkapkan Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, saat ikut menghadiri peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2016, Minggu, 28 Mei 2016, di Blang Padang, Banda Aceh.

Kata dia, sejatinya apa yang di konsumsi oleh manusia akan berdampak pada kesehatan tubuhnya. Karenanya, makanan yang sehat dan aman sangat dibutuhkan oleh masyarakat konsumen manapun, termasuk masyarakat Banda Aceh.

“Zat kimia seperti borax dan formalin banyak beredar, masyarakat harus lebih cermat dan teliti untuk mengetahui ciri-cirinya agar bisa menghindari mengkonsumsinya,” ujar Illiza.

Ia meminta warga kota lebih hati-hati memilih pakaian, karena akhir-akhir ini sudah sangat banyak masuk pakaian bekas ke pusat ibukota provinsi Aceh ini.

“Sudah banyak masuk di Banda Aceh, harus lebih hati-hati karena pakaian bekas mengandung bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita,” ungkap Illiza.

Terkait Hari Konsumen Nasional diperingati untuk mendorong semakin banyak pihak yang termotivasi membangun konsumen yang cerdas dan pelaku usaha yang semakin memiliki etika dalam usahanya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong pembentukan-pembentukan jejaring komunitas perlindungan konsumen dan menempatkan konsumen untuk menjadi agen perubahan dalam posisinya sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi di Indonesia.

Reporter | Rizal JP

Komentar

News Feed