full screen background image

Begini Caranya Biar Utang Cepat Lunas

Share Button
cara-lunasi-utang

Cara melunasi utang dengan cepat yang bisa Anda coba sekarang. FOTO | LIPUTAN6.COM 

Jakarta-Sebagian orang mungkin sulit untuk melunasi utang. Salah satu penyebab hal ini terjadi karena penundaan yang terus dilakukan. Bisa juga karena kemampuan finansial yang tidak memadai.

Salah satu solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah utang ialah dengan memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang harus dilakukan, seperti mencicil.

Berikut ini merupakan beberapa cara mencicil utang dengan mudah yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari Belajar.me:

1. Membuat daftar utang

Mulailah dengan membuat daftar utang. Tulis semua utang yang Anda miliki pada catatan tersebut dan tentukan prioritas mana yang ingin didahulukan. Jangan lupa untuk mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk setiap utang.

2. Menetapkan skala prioritas pembayaran

Setelah membuat daftar utang, Anda bisa membayar terlebih dahulu utang yang nominalnya kecil. Utang yang besar bisa Anda coba cicil agar bisa segera lunas. Anda juga bisa menyelesaikan utang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu, baru melunasi utang yang bunganya lebih rendah.

Jangan menunda pembayaran utang yang berbunga besar karena bisa membuat utang Anda semakin menumpuk. Para ahli merekomendasikan untuk membayar minimal dua kali pembayaran minimal. Tujuannya agar utang Anda akan selesai kurang dari tiga tahun.

3. Tidak menyelesaikan utang dengan utang lainnya

Saat sedang berusaha melunasi seluruh utang Anda, sebaiknya jangan menambah utang lainnya yang bisa membuat Anda semakin susah. Jangan asal belanja dengan menggunakan kartu kredit, atau jangan membuka kartu kredit baru.

Selesaikan terlebih dahulu utang yang wajib untuk dibayar sekarang. Ingat, jangan menggali lubang lagi saat kita sedang berusaha menutup lubang.[]

Sumber | LIPUTAN6.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.