oleh

Benang Merah antara Pembukaan Asian Games 2018 dan Olimpiade 2012…

Jakarta-Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018), berlangsung meriah. Salah satu hal yang menarik dari opening ceremony tersebut adalah kehadiran Presiden Joko Widodo menggunakan motor gede (moge).

Pada video intro pembukaan Asian Games 2018, tampak Presiden Jokowi menggunakan moge menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno karena mobil kepresidenan terjebak macet. Aksi itu langsung membuat kagum publik, bahkan sempat masuk trending topic di Korea Selatan.

“Jokowi datang menggunakan sepeda motor adalah momen favorit saya,” kata James, pengusaha asal Australia kepada Kompas.com seusai menyaksikan upacara pembukaan. “Aksi itu keren dan saya suka. Dia seperti Tom Cruise (dalam film Mission Impossible),” tuturnya.

Dalam video intro upacara pembukaan Asian Games 2018 itu, Jokowi digambarkan melewati beberapa rintangan.

Bahkan, sempat ada adegan yang menggambarkan orang nomor 1 di Indonesia tersebut melakukan aksi lompatan di atas truk dengan menggunakan motor. Setelah itu, Jokowi digambarkan telah tiba di SUGBK dan memasuki area parkir.

Sang Presiden kemudian turun dari motor dan memasuki lift. Jokowi kemudian digambarkan keluar dari lift dan langsung disambut dengan gegap gempita oleh puluhan ribu penonton yang berada di SUGBK.

Video intro Asian Games 2018 itu mengingatkan sebagian orang akan video yang ditampilkan pada upacara pembukaan Olimpiade 2012. Pada London 2012, Daniel Craig selaku pemeran James Bond beradu peran dengan Ratu Elizabeth II.

Dalam cuplikan video itu, Craig dan Sang Ratu menaiki helikopter dari Buckingham Palace menuju Stadion Olimpiade London. Setelah berada di atas stadion, Sang Ratu dan Daniel Craig melompat dari helikopter dan melakukan terjun payung.

Hingga akhirnya, Ratu Elizabeth yang didampingi suami memasuki Stadion Olimpiade dan duduk di tribune kehormatan. Hal serupa ditunjukkan pada upacara pembukaan Asian Games 2018.

Kesamaan “rasa” dari video pembuka itu tak lepas dari keberadaan Scott Givens. Dia menjadi benang merah kesamaan upacara pembukaan Olimpiade 2012 dan Asian Games 2018. Givens adalah pemimpin perusahaan FiveCurrents yang memang bergerak pada dunia hiburan, khususnya dalam pengelolaan live event.

Sepanjang kariernya, Scott Givens telah menangani lebih dari 400 event akbar. Presiden FiveCurrents itu menangani sejumlah acara pembukaan Olimpiade. Jika ditotal, sudah ada 12 ajang Olimpiade – musim panas maupun dingin – yang pernah ditangani Givens, dimulai dari Salt Lake 2002 hingga Rio de Janeiro 2016.

Pada Olimpiade 2012 di London, FiveCurrents bertindak sebagai production company untuk upacara pembukaan. Scott Givens sendiri menjadi Managing Director dari London 2012. Enam tahun berselang, Givens didaulat sebagai Executive Producer dari upacara pembukaan Asian Games 2018.

Wishnutama selaku Creative Director mengaku senang dan bangga bisa bekerja sama dengan Givens. “Ini adalah proses kreatif panjang dan lama bagi saya dan tim, terdiri atas beberapa anggota seperti Scott dari AS, yang perusahaannya juga memproduksi upacara pembukaan London 2012 dan Sochi 2014,” kata Wishnutama seperti dikutip KOMPAS.COM dari BolaSport.com via CGTN.

Scott Givens turut memberikan penjelasan mengenai pemilihan lanskap alam Indonesia pada pembukaan Asian Games 2018. “Beberapa upacara telah berubah dari sejarah dengan cerita yang berbeda. Kami memilih unsur-unsur alam karena unsur-unsur alami seperti bumi, angin, dan api adalah bagian dari budaya Indonesia,” ujar Scott.

“Kami menggunakan elemen-elemen alami sebagai segmen. Kami menampilkan tarian budaya yang terkait dengan Indonesia. Itulah bagaimana kami akan menceritakan kisah Indonesia,” katanya melanjutkan.

Sebagai informasi, panggung Opening Ceremony Asian Games 2018 memiliki berat 600 ton. Panggung dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter tersebut menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia.[]

(Sumber | KOMPAS.COM)

Facebook Comments

Komentar

News Feed