oleh

Besok, Kepastian Lolos Cagub

00
ridwan-hadi
Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi. FOTO | ACEH.ANTARANEWS.COM

Banda Aceh-Tiga pasangan bakal calon (balon) gubernur/wakil gubernur Aceh dari jalur independen dinyatakan memenuhi syarat dukungan dalam rapat pleno rekapitulasi perbaikan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Sabtu (22/10). Bahkan, perolehan dukungan penduduk Aceh untuk masing-masing kandidat melampaui batas minimal yaitu 153.045 dukungan.

Namun demikian, Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, belum bisa memastikan ketiga pasangan balon ini akan ditetapkan sebagai pasangan calon.

Kepastian lolos tidaknya para kandidat ini, menurut Ridwan Hadi baru akan diketahui Senin, 24 Oktober 2016 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh sekitar pukul 10.00 WIB. Ketiga balon adalah dr Zaini Abdullah-Nasaruddin, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab, dan Zakaria Saman-T Alaidinsyah.

Terhadap hasil pleno rakapitulasi, kemarin, Ridwan mengatakan akan memasukkan ke dalam pemenuhan syarat pasangan balon untuk bisa ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Aceh pada pilkada 2017. “Kita belum bisa bilang sudah lolos sekarang, karena ada syarat lain yang kita periksa lagi. Kan kita nggak tahu jika besok ada rekomendasi panwaslih tentang ijazah palsu atau lainnya,” katanya usai rapat pleno.

Pada rapat pleno kemarin masing-masing komisioner KIP kabupaten/kota membacakan hasil rekapitulasi perbaikan syarat dukungan ketiga pasangan balon. Pada saat pembacaan rekapitulasi tersebut tidak ada tim penghubung yang melayangkan protes terkait hasil rekapitulasi perbaikan syarat dukungan balon gubernur/wakil gubernur Aceh dari jalur independen.

Setelah semua KIP kabupaten/kota membacakan rakpitulasi, selanjutnya Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi menyampaikan jumlah akhir perolehan syarat dukungan perbaikan dari masing-masing kandidat. Dukungan perbaikan tersebut, kata Ridwan, ditambah dengan jumlah syarat dukungan yang sah berdasarkan hasil rekapitulasi tahap pertama.

Adapun syarat dukungan yang sah tahap pertama dan kedua untuk pasangan Zaini Abdullah-Nasaruddin adalah 138.594+38.903=177.497 lembar. Untuk pasangan Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab adalah 73.628+98.923=172.551 lembar, dan pasangan Zakaria Saman-T Alaidinsyah adalah 73.152+85.954=159.106 lembar.

“Hasil dukungan ini akan kami masukkan ke dalam pemenuhan syarat untuk bisa ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Aceh pada Pilkada 2017. Apakah pasangan bakal calon tersebut bisa menjadi calon atau tidak akan kita tentukan pada 24 Oktober 2016,” katanya.

Rapat pleno tersebut dipimpin Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi dan didampingi wakil ketua dan komisioner lain, Basri M Sabi, Robby Sahputra, Junaidi, Fauziah, Hendra Fauzi, dan Muhammad. Rapat itu diikuti oleh 23 KIP kabupaten/kota dan turut diawasi oleh komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh, Irhamsyah, Tharmizi, dan Ismunazar serta tim penghubung dari masing-masing pasangan kandidat.

SUMBER | ACEH.TRIBUNNEWS.COM

Komentar

News Feed