full screen background image

Beuringen Gampong KB Madani Kencana di Pijay

Share Button
gp-kb-pijay

Beuringen Gampong KB Madani Kencana di Pijay. FOTO | NAD.BKKBN.GO.ID 

Meureudu-Gampong Beuringen Kecamatan Meurah Dua terpilih menjadi lokasi pencanangan gampong keluarga berencana tingkat Kabupaten Pidie Jaya oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Hal ini merupakan mandat pemerintah untuk mewujudkan prioritas pembangunan, terutama pada agenda prioritas yaitu, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Pembangunan kependudukan dan keluarga berencana melaksanakan strategi pembangunan nasional 2015-2019 (dimensi pembangunan) untuk dimensi pembangunan manusia pada pembangunan bidang kesehatan dan mental/karakter (Revolusi Mental).

Kabupaten Pidie Jaya adalah Kabupaten ke 20 dari dua puluh tiga (23) kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang melakukan pencanangan gampong/kampung keluarga berencana.

Pembentukan gampong/kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia tentang pembentukan gampong KB, selanjutnya ditindaklanjuti oleh Menteri Dalam Negeri melalui surat edaran yang ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh tanah air.

Dan kemudian ditindaklanjuti surat edaran Gubernur kepada Bupati/Walikota di seluruh Provinsi Aceh untuk membentuk, mencanangkan dan melaksanakan gampong/kampung keluarga berencana.

Arahan Presiden Republik Indonesia untuk membentuk gampong/kampung keluarga berencana dimaksudkan agar manfaat program kependudukan keluarga berencana yang terintegrasi dengan program-program pembangunan lainnya dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Terutama yang berada diwilayah terpencil, tertinggal, wilayah nelayan, atau wilayah miskin dan padat penduduk diseluruh wilayah Republik Indonesia. Gampong/kampung KB tingkat nasional telah dicanangkan oleh Presiden RI pada 14 Januari 2016 lalu di desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan gampong/kampung KB tingkat provinsi Aceh telah dicanangkan oleh Gubernur Aceh yang di wakili oleh Sekretaris Daerah di Desa Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Bupati yang diwakili Asisten I Setdakab Pidie Jaya, mengatakan daerah tersebut dalam pelaksanaan program KKBPK sudah sesuai dengan target MDGs.

Namun, ia mengajak secara bersama-sama melalui program gampong/kampung KB secara bersinergi antar lintas sektor. “Dengan cara ini, maka tujuan utama kita untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia dan sejahtera di kabupaten Pidie Jaya ini dapat terwujud dengan sempurna,” ajanya memaparkan.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.