full screen background image

BKKBN Aceh dan Kodam IM Gelar Rakorda KB-TNI

Share Button

 

bkkbn-bersama-tni-1

Banner Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). FOTO | IST

Logo GenRe

Logo GenRe

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama jajaran Komando Daerah Militer-Iskandar Muda (Kodam-IM), Selasa, 6 Desember 2016, menggelar kegiatan rapat koordinasi daerah (rakorda) Keluarga Berencana (KB)-TNI.

Agenda rutin yang dipusatkan di aula kantor BKKBN Provinsi Aceh itu, mengusung tema ‘Melalui Kerjasama Kemitraan BKKBN dengan TNI, Kita Tingkatkan Penguatan dan Percepatan Pencapaian Sasaran Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) RPJMN Tahun 2015-2019’.

Turut dihadiri oleh Pangdam IM, Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kepala BKKBN Provinsi Aceh Dr. dr. M. Yani, M.Kes. PKK, Danrem 011/LW Kolone Inf Agus Firman Yusmono, Danrem 012/TU Kolonel Inf Djaka Budi Utama, Kakesdam IM Kolonel Ckm dr. Sukirman, Danlanud SIM Kolonel Pnb Suliono SSos, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie, S.E., Waaster Kasdam Letkol Inf Hasandi Lubis, para Dandim jajaran Kodam IM, para Kasiter Korem, serta Mitra Kerja BKKBN setempat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Dr. dr. M. Yani, M.Kes. PKK, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pangdam Iskandar Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan mitra kerja yang telah berkenan berkerjasama, membantu pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di masyarakat baik melalui sinergisitas antara BKKBN dan TNI dan sinergisitas BKKBN dengan mitra kerja lainya di Provinsi Aceh.

Yani mengatakan, kemitraan dan kerjasama antara BKKBN dan TNI diawali dengan surat perjanjian kerjasama bernomor: 247/KSM/G2/2014 dan nomor: KERMA/33/IX/2014 tentang penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK).

“Pelaksanaan kegiatan rakorda dengan TNI ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dengan tujuan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai wujud dari kerjasama atau kemitraan antara BKKBN dan TNI dan BKKBN dengan Mitra Kerja SKPD di Provinsi Aceh,” ujar Yani.

Menurutnya, momentum ini merupakan ajang untuk menetukan kembali langkah dan strategi antara BKKBN dan TNI dalam rangka mengoptimalkan program KKBPK untuk mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas.

“Implementasi kemitraan antara BKKBN dan TNI sudah sangat memberi pengaruh besar bagi kita semua, khususnya, kami BKKBN. Mulai dari pencanangan TMKK pada tanggal 20 Juli 2016 di Kabupaten Aceh Timur, terakhir pembekalan babinsa di Aceh Tenggara adalah suatu bukti kongkrit bahwa kemitraan antara BKKBN dan TNI sudah sangat baik,” tuturnya.

Diharapkan, kerjasama yang sangat baik ini akan terus terjalin, sehinga pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat dapat terwujud demi menjadikan generasi yang berkualitas, berkarakter, tangguh dan mandiri baik itu dari segi sosial, ekonomi dan budaya dapat terwujud.

Dikutip dari laman resmi KODAM ISKANDAR MUDA,┬áPanglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Tatang Sulaiman, ┬ámengatakan dalam undang-undang TNI bahwa tugas TNI diantaranya memberdayakan wilayah pertahanan. “Termasuk bagaimana kita bekerjasama dengan badan institusi lain termasuk BKKBN.

Ia menyebutkan, dalam enam tahun ini jumlah penduduk dunia bertambah satu milyar. Diperkirakan tahun 2017 jumlah penduduk dunia mencapai delapan milyar, sedangkan lahan pangan dan air berkurang, mengingat daya tampung bumi hanya tujuh milyar penduduk.

“Masalah kependudukan adalah masalah strategis, kita perlu investasi untuk jangka panjang, karena perang ke depan adalah perang jumlah penduduk”, sebut Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman.

Karena itu, ia berharap kepada para Dandim di jajaran Kodam iskandar Muda untuk menjalin kerjasama dengan Kemitraan BKKBN guna mengatasi masalah jumlah penduduk dan menekan pertumbuhan penduduk serta meningkatkan pembangunan keluarga dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Program KB membantu percepatan pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana (KKB), peningkatan akses dan kualitas pendidikan, kesehatan, menjadikan keluarga sejahtera, peningkatkan ekonomi, pendidikan, pengendalian pertumbuhan dan penyebaran penduduk serta meningkatkan daya saing dengan Internasional,” harapnya menambahkan. []

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.