full screen background image

BKKBN: Menikah Tak Cukup Hanya Modal Cinta

Share Button
ambar

Ambar Rahayu. FOTO | IPKBKALTIM.COM 

[clickToTweet tweet=”BKKBN: Menikah Tak Cukup Hanya Modal Cinta” quote=”BKKBN: Menikah Tak Cukup Hanya Modal Cinta”][social_warfare buttons=”Facebook, Twitter”]

Jakarta-Dalam pernikahan saling mencintai adalah fondasi utama. Tetapi, modal cinta saja ternyata tidak cukup.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Ambar Rahayu mengatakan, menikah memang impian banyak orang. Tetapi menikah bukan akhir dari kisah cinta dua sejoli, justru awal dari sebuah kehidupan berkeluarga yang panjang. Karena itulah kesiapan mental, fisik, ekonomi, dan lain-lain juga sangat penting.

“Paling utama adalah calon pasangan harus tahu dulu tujuan mereka menikah dan segala konsekuensinya,” kata Ambar pada acara pemilihan Duta Genre 2016, baru-baru ini.

Sebelum berkeluarga calon pasangan juga perlu memahami peran seorang ibu dan ayah untuk kelak mereka menjadi orangtua. Mereka perlu mengetahui delapan fungsi keluarga, yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta lingkungan.

Untuk itu, menyiapkan setiap tahap kehidupan mulai dari pendidikan, karier hingga berkeluarga dan memiliki anak secara terencana penting dimulai sejak remaja. Generasi muda yang berencana akan menghasilkan keluarga yang kokoh.

Program Generasi Berencana (Genre) merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) yang bertujuan menyiapkan remaja memiliki kehidupan berkeluarga yang lebih baik. Program Genre dilaksanakan melalui kegiatan promosi pendewasaan usia kawin, yaitu idealnya 21 tahun bagi perempuan dan laki-laki 25 tahun. Juga edukasi bagi remaja bagaimana menghindari perilaku negatif, seperti seks pra nikah, narkoba, hingga penyakit HIV/AIDS.

“Intinya kami ingin remaja menyadari perannya nanti dalam ketahanan keluarga. Mereka harus menyiapkan masa depannya, merencanakan cita-cita, jenjang pendidikan, kapan bekerja, dan kapan menikah,” kata Ambar.

Program Genre juga menyiapkan remaja untuk bisa melalui lima transisi kehidupannya dengan baik, yakni mendapat sekolah yang baik, pekerjaan kompetitif, membentuk keluarga yang baik, menjadi anggota masyarakat yang berperan besar dalam kehidupan bermasyarakat dan menerapkan pola hidup sehat bersama keluarga selama hidup.

SUMBER | BERITASATU.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.