full screen background image

Cegah Siswa Bawa Motor, Ortu Diimbau Antar Anak Sekolah

Share Button
Konvoi Lulus Sekolah

Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone

TRENGGALEK-Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengimbau setiap wali murid untuk menyempatkan waktu mengantar anak mereka ke sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah fenomena maraknya pelajar SD-SMP mengendarai motor. “Orang tua jangan membiarkan putra-putrinya berangkat sekolah membawa kendaraan bermotor sendiri,” kata Kabag Humas Pemkab Trenggalek Yuli Prianto di Trenggalek, belum lama ini.

Dia mengatakan, maraknya siswa di bawah umur yang bermotor ke sekolah, terutama di daerah pegunungan menjadi keprihatinan pemimpin daerah setempat. Karena itu, masalah sosial yang berkaitan dengan kependidikan dan hukum tersebut kini menjadi bahasan khusus jajaran forum pimpinan daerah setempat, khususnya pemkab dan kepolisian.

“Tidak bisa karena faktor jarak tempuh ke sekolah jauh lalu orang tua maupun pemerintah memperbolehkan anak-anak yang belum cukup umur mengendarai sepeda motor pulang-pergi sekolah,” ujarnya. Selain melanggar Undang-undang Lalulintas, sewaktu-waktu bahaya bisa saja mengancam anak-anak didik tersebut.

Yuli mengatakan, saat ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek telah memerintahkan kepada seluruh jajaran kepala sekolah untuk membuat surat imbauan kepada seluruh wali murid agar tidak lagi membiarkan anaknya ke sekolah dengan mengendarai motor sendiri.

“Tidak hanya yang ada di Kecamatan Munjungan saja, tapi juga di daerah-daerah lain. Orang tua didorong untuk mengantar ke sekolah,” ujarnya. Selain itu, lanjut Yuli, pemda juga akan menyediakan kendaraan angkutan untuk antar-jemput siswa ke sekolah sebagai solusi permasalahan tersebut.

“Kami sedang mencoba mengkaji apakah asset kendaraan yang tidak terpakai milik pemkab ada yang bisa dipakai untuk membantu transportasi antar-jemput anak ke sekolah di beberapa daerah terpencil seperti di Munjungan ataupun lainnya,” tambahnya.

Sumber | OKEZONE.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM