oleh

Cerita Jokowi Saat Merintis Karier Jadi Pengusaha

Share Button
Jokowi
Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan saat melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Telkom University Convention Hall, Bandung. Dalam pidatonya, ia menceritakan kegagalannya saat merintis karier sebagai pengusaha.

“Saya mengalami rem blong tiga kali (gagal di dunia usaha 3 kali),” kata Jokowi, Senin (23/5/2016).

Setelah mengalami ketidakberhasilan sebanyak tiga kali, barulah usaha yang dirintis Presiden saat menjadi pengusaha menuai keberhasilan. Untuk itu, Presiden memberikan kiat-kiat kepada peserta Jambore Hipmi sebagai pengusaha.

“Jika ingin menjadi pengusaha, jangan mikir dulu, terjuni dulu dan jalani,” ucap Jokowi.

“Kalau jatuh, bangkit lagi, harus seperti itu,” tambah dia.

Pengusaha mebel dari Solo ini menjelaskan di Indonesia baru 1,6 persen penduduknya yang berprofesi sebagai pengusaha. Angka itu terbilang kecil, karena di wilayah Asean, rata-rata yang berprofesi sebagai pengusaha sebesar 4 persen.

Jokowi kembali mengingatkan Indonesia saat ini telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan hampir setiap dua bulan dirinya bertemu dengan kepala negara dari ASEAN.

“Baru 2-3 hari yang lalu kita juga bertemu di Rusia. Selalu kalau kita ketemu selalu bergandeng-gandengan,” kata di‎a.

“Ini perlu saya ingatkan, meskipun yang hadir di sini adalah 140 pengusaha muda juga dari ASEAN. Saya ingatkan bahwa selain kawan, mereka adalah pesaing kita,” ujar Jokowi.‎

Sumber | LIPUTAN6.COM

Facebook Comments

Komentar

News Feed