full screen background image

Cium Bau Gas di Rumah Usai Ditinggal Mudik? Ini Cara Tangani

Share Button
tabung_elpiji_3kg

Jika mendapati bau Elpiji saat masuk rumah sebaiknya saluran udara yang ada di rumah dibuka terlebih dahulu. FOTO | LIPUTAN6.COM 

Jakarta-PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat yang sudah kembali dari kampung halaman setelah mudik mewaspadai kebocoran Elpiji saat akan masuk rumah. Pertamina memberikan langkah-langkah praktis yang bisa dijalankan masyarakat saat masuk kembali ke rumah.

Vice President Gas Domestik Pertamina ‎Kusnendar mengatakan, ketika baru memasuki rumah yang ditinggal lama, penghuni rumah jangan menyalakan lampu dan peralatan listrik atau melakukan kegiatan yang menciptakan percikan api terlebih dahulu. Langkah yang harus dilakukan adalah mendeteksi apakah ada kebocoran Elpiji dengan mencium bau gas yang khas.

“Saat memasuki rumah sebaiknya dicium dulu, ada tidak bau Elpiji,” kata Kusnendar di Jakarta, Kamis (29/6/2017).

Bobot liquid petroleum gas (LPG) yang menjadi isi tabung Elpiji milik Pertamina lebih berat dari udara. Dengan begitu, gas hanya akan mengendap dan tidak mudah menguap jika terjadi kebocoran.

Oleh karena itu, jika masyarakat mendapati bau Elpiji saat masuk rumah sebaiknya saluran udara yang ada di rumah dibuka terlebih dahulu. Langkah membuka saluran udara tersebut agar gas yang mengendap keluar dan menguap bersama udara.

“‎Jadi kalau ada bau gas jangan langsung nyalakan listrik dulu atau bikin sesuatu yang menimbulkan percikan api. Kalau membaui gas langsung buka buka ruangan dulu,” ucap dia.

Dengan membuka ruangan maka gas akan keluar dan dan bisa mencegah kebakaran akibat kebocoran Elpiji. Untuk diketahui, bahan bakar gas sangat sensitif terhadap percikan api sekecil apapun. Percikan api lewat listrik juga bisa memicu kebakaran jika memang ada kebocoran gas.

Sebenarnya, ada cara lain untuk mencegah terjadinya kebocoran gas saat meninggalkan rumah dalam waktu lama. Caranya adalah dengan tidak memasang regulator yang menyalurkan gas ke tabung Elpiji.

Sumber | LIPUTAN6.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.