full screen background image

Crutchlow Ukir Sejarah di Cheska, Rossi Finis Kedua

Share Button
Crutchlow

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow. (MotoGP.com/BERITASATU.COM)

Brno–Cal Crutchlow memenangi grand prix MotoGP untuk pertama kali dalam karirnya dan menjadi pembalap Inggris pertama dalam 35 tahun yang berada di puncak podium kelas premier, dalam balapan dramatis di Sirkuit Brno yang basah, Minggu (21/8).

Valentino Rossi berjudi dengan memakai ban belakang tipe hard dan akhirnya bisa finis kedua setelah di awal balapan tercecer di posisi 12.

Podium ketiga direbut oleh pole-sitter Marc Marquez yang mulai bangkit setelah disalip Rossi di lima putaran terakhir dan menaklukkan para penunggang Ducati.

Dengan kegagalan Jorge Lorenzo meraih poin di Grand Prix Cheska ini, maka Rossi pun naik ke posisi dua klasemen, namun masih tertinggal 53 poin dari Marquez.

Lorenzo secara mengejutkan mengganti motor dengan ban slick tujuh putaran sebelum finis, ketika kecepatan motornya justru sedang meningkat pesat. Keputusan Lorenzo ini membuat bingung kubu Yamaha di pitbox, dan akhirnya dia terlempar dari zona poin.

Kemenangan Crutchlow — start dari posisi 10 — ditentukan oleh pilihan ban yang tepat, di mana dalam balapan itu hanya dia dan pembalap Avintia Loriz Baz yang memakai ban depan-belakang tipe hard. Mayoritas pembalap di Sirkuit Brno memakai tipe ban basah soft.

Pembalap Inggris terakhir yang bisa menang grand prix di kelas premier adalah Barry Sheene pada 1981.

Baz, juga dari deretan belakang, akhirnya mampu merangsek ke posisi emat tapi sayangnya kebangkitannya sudah terlalu terlambat untuk mengejar posisi podium. Finis di belakangnya adalah rekan setim Hector Barbera.

Eugene Laverty membawa tim Aspar mengamankan posisi enam, disusul pembalap Pramac Yakhnich Danilo Petrucci.

Juara di Austria pekan lalu, Andrea Iannone, harus puas finis kedelapan setelah memimpin di sebagian besar lomba. Pada tujuh putaran menjelang finis dia sangat kesulitan dengan daya cengkeram ban dan kehilangan posisi terdepan dari Crutchlow. Di lima putaran terakhir dia pun disalip banyak pembalap.

Maverick Vinales finis kesembilan untuk Suzuki Ecstar disusul pembalap Marc VDS Tito Rabat.

Sumber | BERITASATU.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM