oleh

Darwati Lantik Ketua PKK dan Dekranasda Aceh Utara

Istri Bupati Aceh Utara
Ketua TP-PKK dan Dekranasda Aceh, Darwati A Gani melantik Ketua TP-PKK dan Dekranasda Aceh Utara Hj. Cut Ratna Irawati periode 2017-2022 di Pendopo Bupati Aceh Utara, Rabu 12 Juli 2017. FOTO | IST

Aceh Utara-Sebagai figur yang sangat memahami kondisi daerah, Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh Utara dituntut untuk dapat melihat sendiri berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat terkait bidang kesejahteraan keluarga.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh, Darwati A Gani, pada pelantikan dan pengukuhan Cut Ratna Irawati sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh Utara, Rabu, 12 Juli 2017.

“Harapan kita, di periode kedua ini kepemimpinan Ibu Cut Ratna, PKK dan Dekranasda Aceh Utara dapat meningkatkan kiprahnya dalam mendukung program kesejahteraan keluarga dan siap meningkatkan produksi dan produktivitas hasil kerajinan daerah,” ujar Darwati.

Sebagaimana diketahui, pelantikan ini merupakan periode kedua kepemimpinan Cut Ratna Irawati dalam organisasi PKK dan Dekranasda Aceh Utara.Darwati berharap kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara untuk menyisihkan sedikit dana Gampong untuk di alokasikan pada kegiatan PKK dan Posyandu.

“Kami harap dana Gampong dapat disisihkan sedikit untuk kegiatan PKK dan Posyandu yang saat ini sudah mulai tidak aktif. Insya Allah, jika kedua organisasi ini aktif, maka kaum ibu mampu membantu perekonomian keluarga dan lebih aktif dalam program-program kesehatan di daerah masing-masing,” ucap Darwati.

Darwati mengingatkan, sebagai salah satu daerah terluas dengan jumlah penduduk terbanyak, Aceh Utara dihadapkan dengan persoalan kesejahteraan rakyat yang masih rendah.

Menurut Darwati, permasalahan ini tidak hanya terkait dengan akses ekonomi dan pendidikan, tapi juga kesadaran tentang pola hidup sehat dan pembinaan keluarga yang belum maksimal.

“Kondisi ini tentunya menghadirkan tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dalam menjalankan program-program kesejahteraan keluarga,” kata Darwati.

Oleh sebab itu, sambung Darwati, keterlibatan PKK dan Dekranasda dalam menjalankan program kesejahteraan keluarga sangatlah dibutuhkan.

Darwati meyakini, dengan sentuhan seorang ibu, PKK dan Dekranasda dapat melahirkan program yang tepat sasaran, sehingga upaya pembinaan keluarga di daerah kita berjalan dengan baik.

“Kami harap Pemkab dapat memberi perhatian khusus kepada badan perempuan yang berkaitan dengan pemberdayaan dan bimbingan terhadap ibu dan anak, karen selama ini program-program terkait perempuan dan anak masih minim,” sambung Darwati.

Istri_Bupati
Pelantikan Ketua TP-PKK dan Dekranasda Aceh Utara Hj. Cut Ratna Irawati periode 2017-2022 di Pendopo Bupati Aceh Utara, Rabu 12 Juli 2017. FOTO | IST

“Pemkab Aceh Utara diharapkan dapat mendukung program-program yang dijalankan oleh PKK dan Dekranasda, sehingga langkah-langkah mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga di daerah berjalan dengan baik,” lanjut Darwati.

Dalam kesempatan tersebut, Darwati juga menyampaikan beberapa pesan kepada ketua Tim Penggerak PKK serta Dekranasda Aceh Utara, terutama terkait dengan program kerja.

“Mulailah program tahun ini dengan terlebih dahulu melakukan evaluasi terhadap progam-program pada periode sebelumnya, sehingga akan diketahui mana yang perlu ditingkatkan dan mana yang perlu mendapat perbaikan,” imbuh Darwati

Ia menghimbau agar pengurus selalu mengupayakan setiap program yang dijalankan bersinergi dengan program Pemerintahan, sehingga mampu memberi pengaruh yang kuat bagi perubahan di lapangan.

“Bangunlah tim kerja yang kuat dan kompak. Lakukan pembinaan kepada masyarakat pengrajin di daerah ini agar produksi mereka mampu bersaing di pasar global,” pesan Darwati.

“Jalinlah kerjasama dengan berbagai organisasi perempuan lain agar perjuangan kita dalam membina keluarga dan meningkatkan hasil kerajinan rakyat berjalan dengan baik,” pungkas Ketua Dekranasda Aceh itu.[]

Komentar

News Feed