full screen background image

Darwati Raih Penghargaan Dekranas Award 2017

Share Button
darwati

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Darwati A. Gani. FOTO | IST

Jakarta-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Darwati A. Gani berhasil meraih Dekranas Award 2017 katagori pembina teladan untuk semangat membangkitkan kriya ungulan daerah pada pameran kriyanusa Dekranas yang diselenggarakan di balai sidang, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 27 September 2017. Penyerahan award tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dekranas award 2017 adalah penghargaan yang diberikan kepada dekarnasda provinsi yang berhasil membina perajin yang dapat menghasilkan produk kerajinan unggulan daerah, yang dikembangkan berdasarkan seni tradisi dan budaya lokal.

Ketua Dekaranas Aceh, Darwati A. Gani pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa prestasi yang diperoleh ini akan menjadi penunjang semangat para Pembina Dekranas baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota untuk terus bekerja keras menghasilkan bentuk kerajinan khas daerah yang bisa ditonjolkan di tingkat nasional.

“Pencapaian ini patut kita apresiasi dan syukuri serta berharap ke depannya dapat berusaha lebih baik lagi untuk mengembangkan potensi kerajinan Aceh,” ujar Darwati.

Kegiatan tersebut merupakan satu dari rangkaian kegiatan hut dekranaske-37, yang meliputi kegiatan Rakernas dekranas se-Indonesia, pameran kriyanusa dan fashion show busana kreasi daerah.

Rakernas dekranas berlangsung 26 September 2017 diikuti oleh seluruh dekranasda provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia, mengusung tema “Membangun sinergi kebijakan dan program dekranas dalam mewujudkan kriya berdaya saing global”.

Pada pameran tersebut, stand Aceh diikuti oleh dekranasda Aceh, Aceh Timur, Singkil, Banda Aceh dan Aceh Besar dengan menampilkan kerajinan unggulan masing-masing daerah.

Kecuali itu, fashion show busana kreasi daerah yang dilaksanakan pada 29 September 2017, diikuti oleh dekranasda Aceh, Banda Aceh, Aceh Besar, Tamiang dan Aceh Jaya.

“Masing-masing daerah menampilkan desain busana tradisional yang sudah dimodifikasi mengikuti perkembangan zaman,” jelas Darwati A Gani.

Dalam kesempatan itu, turut hadir wakil ketua dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati serta sejumlah pengurus Dekranas Aceh.[]Redaksi

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.