full screen background image

Dekranasda Aceh Dorong Kerajinan Gampong Pulo Blang Ditingkatkan

Share Button
Dekranasda Aceh

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Hj. Niazah A Hamid, saat menyerahkan bantuan bahan dan peralatan Bordir kepada para perajin Bordir di Desa Pulo Blang, Kecamatan Jangka, Bireuen. FOTO | Ist

Bireuen–Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Hj. Niazah A Hamid melakukan kunjungan dan peninjaun ke gampong Pulo Blang, Kecamatan Jangka yang merupakan salah satu Desa Kerajinan di Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

“Hari ini kami sengaja datang ke gampong Pulo Blang ini, guna melihat lansung berbagai kerajinan yang banyak di kembangkan oleh masyarakat disini,” Kata Niazah A Hamid saat memberikan sambutannya pada acara penilaian dan penyerahan bantuan kepada perajin bordir di desa Pulo Blang, Selasa, 23 Agustus 2016.

Niazah A Hamid atau yang Akrab disapa Ummi Niazah, mengatakan sangat antusias untuk mendorong kerajinan di gampong Pulo Blang terus ditingkatkan, sebab selain untuk mendukung ekonomi keluarga juga untuk melestarikan budaya daerah.
“Salah satu yang membuat saya sangat bangga dengan Bireuen ini adalah semangat masyarakatnya dalam memproduksi berbagai kerajinan rakyat, saya sangat senang sekali karena dapat bertatap muka dengan masyarakat dan para perajin di daerah ini,” ujar Niazah.

Diakatakannya, gampong-Gampong kerajinan di Bireuen terus tumbuh dan memproduksi aneka kreativitas masyarakat. Salah satunya kerajinan bordir yang kini semakin terkenal di pasar. Meskipun usia kerajinan gampong Pulo Blang masih tergolong muda, Niazah sangat yakin dengan semangat dan kerja keras para perajinnya, kerajinan bordir di Pulo Blang akan menyamai popularitas bordir yang sudah terlebih dahulu dirintis gampong-gampong lain.

“Yang penting, tingkatkan terus kreativitas dan mau belajar dari pengalaman orang lain, kami akan terus berupaya melakukan pembinaan terhadap para pengrajin di daerah ini sehingga kualitas produksinya terus meningkat dan pasarnya semakin terbuka,” ujar Niazah seraya berharap gampong Pulo Blang bisa menjadi salah satu gampong kerajinan dan gampong pelaksana 10 program PKK terbaik di Aceh.

Camat Kecamatan Jangka, Zaldi, AP, SSos, menyampaikan bahwa di Kecamatan Jangka banyak kerajinan produksi rumah tangga, seperti di Desa Pulo Blang terdapat beberapa produksi rumah tangga seperti, baju olah raga, tas motif Aceh, Bordir dan berbagai makanan.

“Di desa lain di Kecamatan Jangka juga terdapat produksi makanan seperti Ikan bandeng presto dan kerajinan lainnya” kata Zaldi.

Zaldi berharap dengan program satu desa satu produk, seluruh desa yang ada di Kecamatan Jangka mampu memproduksi berbagai macam kerajinan yang unggul dan bersaing dengan produk dari luar.

Dalam kunjungan tersebut, TP-PKK dan Dekranasda juga melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk mendorong agar program-program PKK dan Dekranasda di Gampong tersebut terlaksana sesuai dengan harapan.

Niazah juga menyerahkan sejumlah bantuan bahan dan peralatan Bordir kepada para perajin Bordir di Desa Pulo Blang. Bantuan tersebut merupakan bentuk dukungan TP-PKK dan Dekranasada Aceh terhadap pengembangan usaha bordir di gampong tersebut.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Bireuen, Hj. Faridah, Camat Jangka, Zaldi, AP, Ssos, Muspika setempat, Pengurus TP-PKK dan Dekranasda Gampong Pulo Blang, Muspika Kecamatan Jangka, serta sejumlah tokoh dan masyarakat setempat.

Reporter | Hidayat Pulo

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM