oleh

Demokrat: Dua Periode Gemilang, Rakyat Rindu SBY

Lembaga survei Indo Barometer merilis terkait evaluasi 20 tahun Reformasi. Salah satu aspek yang digunakan adalah tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden RI.

Hasil survei menyatakan Presiden RI kedua Soeharto menempati posisi pertama sebagai presiden yang paling berhasil di Indonesia. Survei memperlihatkan Soeharto dipilih 32,9 persen responden. Sementara, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan Presiden RI ke-6 meraih 11,6 persen.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Putu Supadma Rudana mengatakan, pihaknya mengapresiasi survei Indo Barometer tersebut. Menurutnya, survei ini memperlihatkan publik mengakui dua periode pemerintahan SBY saat menjadi presiden. Putu menilai pemerintahan SBY menjadi awal pertama kali presiden dipilih langsung oleh rakyat.

“Pasca reformasi, pemerintahan SBY adalah era pertama kali presiden yang terpilih dalam demokrasi langsung dari rakyat. Ini menunjukan konsep yang baik sejak 2004 lalu,” kata Putu Supadma dalam keterangannya, Minggu, 20 Mei 2018.

Putu juga mengingatkan ada kelebihan saat dua periode pemerintahan SBY. Salah satunya pertumbuhan ekonomi yang rata-rata 6 persen. Ia mengklaim selama dua periode, angka pengangguran menurun serta lapangan kerja meningkat.

“Selama 10 tahun pemerintahan SBY, pertumbuhan ekonomi kita itu rata-rata 6 persen. Lapangan kerja meningkat, pengangguran menurun, pendapatan incomeper kapita masyarakat meningkat tajam,” jelas Putu.

Selain itu, dua periode era SBY juga mendukung pemberantasan korupsi dan tak tebang pilih. Beberapa program disiapkan era SBY seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), hingga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Dari BLT, BLSM, BPJS, Raskin dan beberapa program lainnya. Dua periode, SBY gemilang, sudah pasti rakyat rindu sosok SBY,” sebut Putu yang juga Anggota DPR itu.

Dalam survei Indo Barometer dilakukan di 34 provinsi dengan 1200 responden. Margin of error dalam survei ini ± 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun metode survei dengan multistage random sampling. Waktu pengumpulan data pada tanggal 15-22 April 2018. Sementara, teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Hasil survei Indo Barometer menempatkan setelah Soeharto ada proklamator Soekarno yang juga Presiden RI-1 dengan 21,3 persen. Lalu, posisi ketiga ditempati Joko Widodo dengan 17,8 persen. Sementara, Susilo Bambang Yudhoyono menempati posisi empat dengan 11,6 persen. Adapun BJ Habibie meraih 3,5 persen. Sementara, di posisi keenam yakni Abdurrahman Wahid dengan 1,7 persen. Kemudian, posisi terakhir ditempati Megawati Soekarnoputri dengan 0,6 persen.[]

(Sumber | VIVA.CO.ID

Komentar

News Feed