full screen background image

Dokter Berkegiatan di Luar, Pasien Diabaikan

Share Button
tulisan-dokter

ilustrasi-dokter sedang menulis resep. FOTO | BINTANG.COM 

Langsa-Pasien yang berobat ke Puskesmas Langsa Lama di Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, mengeluhkan sikap dokter yang memilih berkegiatan di luar Puskesmas. Sehingga meninggalkan kewajibannya bertugas melayani pasien.

Orang tua pasien, bernama Sudirman, Sabtu (19/11) mengatakan, ia membawa anaknya berobat ke Puskesmas Langsa Lama sekitar pukul 10.00 WIB. Namun setelah beberapa jam ditunggu, anaknya tak juga diperiksa penyakitnya.

“Saat kami tanyakan kepada perawat, mereka mengatakan dokter piket sedang ke luar. Sehingga kami hanya disuruh menunggu tanpa ada kejelasan sampai kapan kami harus menunggu,” katanya.

Sudirman kemudian menelepon Kepala Puskesmas, dan diketahui bahwa satu-satunya dokter yang ada di Puskesmas itu, sedang mengikuti survey akreditasi di Puskesmas Langsa Barat (Puskesmas lain yang bukan tempat tugas dokter dimaksud).

Setelah dihubungi oleh kepala puskesmas, baru kemudian dokter tersebut kembali ke Puskesmas tempat kerjanya. Saat menemui pasien, dokter itu pun, menurut Sudirman, mengeluarkan kata yang tak pantas. “Saya pikir darurat, rupanya tidak,” ucap Sudirman menirukan kata-kata dokter Puskesmas Langsa Lama itu.

Menurut Sudirman, tidak pantas dokter mengatakan hal seperti itu kepada pasien. “Karena pasien dan keluarganya tidak pernah tahu apakah pasien dalam kondisi darurat atau tidak. Sedangkan dokter wajib berada di tempat tugas untuk melayani masyarakat, karena itu adalah tugasnya dan ia dibayar dengan uang rakyat untuk melakukan tugasnya itu,” ungkap Sudirman dengan nada kesal.

Mendengar kata-kata tak pantas dari dokter tersebut yang terkesan mengabaikan pasien, Sudirman pun kemudian membawa pulang anaknya dengan penuh kekecewaan. “Perawat tidak bisa menangani pasien dengan penyakit tertentu. Karena itu semestinya ada dokter yang bisa melayani pasien setiap saat. Jika dokter sedang mengikuti kegiatan di luar, maka seharusnya pihak Puskesmas menempatkan dokter pengganti,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Langsa Lama, Edi Syahputra, menjelaskan bahwa jumlah dokter yang bertugas di Puskesmas Langsa Lama sebanyak 3 orang. Tetapi satu dokter sedang cuti, dan satu dokter lagi sedang izin tidak masuk kerja. Sehingga hanya satu dokter yang bertugas pada Sabtu (19/11).

Namun pada hari itu, dokter tersebut ia perintahkan mengikuti survey akreditasi di Puskesmas Langsa Barat. “Sebelum mengikuti kegiatan itu, dokter dimaksud sejak pagi sudah bertugas di Puskesmas. Kondisi ini bukan disengaja, tapi karena kebetulan dokter jaga sedang mengikuti kegiatan,” jelasnya.

SUMBER | ACEH.TRIBUNNEWS.COM 

Facebook Comments



Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.