oleh

DPR Aceh dan Polisi Bahas Pengamanan Unjuk Rasa

DPR Aceh
Komisi I DPR Aceh, saat membahas pengamanan unjuk rasa dengan Kepolisian Polda Aceh dan Polresta Banda Aceh. (Foto | Hidayat)

Banda Aceh-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh yang membidangi hukum, menggelar Rapat Kerja bersama Kapolda Aceh dan Kapolresta Banda Aceh. Pertemuan tersebut membahas tata cara unjuk rasa dan pengamanan lembaga negara/pemerintah, serta terkait pemberitaan media yang profesional dan objektif di ruang rapat Badan Musyawarah DPR Aceh, Selasa 24 Mei 2016.

Ketua Komisi I DPR Aceh, Abdullah Saleh menyebutkan, Rapat Kerja bersama pihak kepolisian Aceh dimaksud untuk mendengarkan bagaimana tata cara pengamanan aksi demonstrasi, sistematika atau langkah-langkah pengamanan dan penanganan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh LSM, Mahasiswa atau kelompok masyarakat tertentu.

“Sebenarnya bagaimana langkah-langkah yang diambil pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan dan penanganan aksi unjuk rasa oleh mahasiswa atau LSM atau kelompok tertentu, termasuk perizinannya,” kata Abdullah Saleh.

Selain itu, Azhari Cagee dan Iskandar Usman Al-Farlaky yang juga merupakan anggota DPR Aceh dari Komisi I, mempertanyakan kepada pihak kepolisian terkait pengamanan kantor DPR Aceh. Sebab, menurut dia, selama ini begitu mudah mengakses masuk ke dalam kantor DPR Aceh. Padahal, DPR Aceh merupakan objek vital yang mestinya mendapatkan pengamanan ketat dari kepolisian.

Kapolda Aceh diwakili AKBP Budi Samekto, mengatakan, tugas polisi adalah untuk menjaga keamanan jangan sampai ada tindakan kriminal. Terkait dengan aksi yang dilakukan oleh mahasiswa beberapa waktu lalu itu di depan gedung DPRA sudah sesuia dengan prosedur yang berlaku, tentunya harus mengantonggi izin.

“Saya rasa unjuk rasa yang dilakukan adik-adik mahasiswa itu wajar saja salama tidak melakukan aksi anarkisme dan mengantongi surat izin dari kepolisian. Agar tidak terjadi aksi anarkisme tersebut, kami sarankan ada anggota dewan yang menjumpai mereka untuk merespon apa yang mereka inginkan,” pungkasnya.

Reporter | Hidayat

Komentar

News Feed