oleh

DWP Banda Aceh Lombakan Merangkai Sirih

Merangkai SIrih
Tim dari DWP SKPD dalam jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh, turut meramaikan lomba Merangkai Sirih (Suson Ranup) dan Hantaran Pengantin di Pendopo Walikota, Senin, 30 Mei 2016.(Foto | Ist)

Banda Aceh–Sebanyak 42 tim dari DWP SKPD dalam jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh, turut meramaikan lomba Merangkai Sirih (Suson Ranup) dan Hantaran Pengantin di Pendopo Walikota, Senin, 30 Mei 2016.

Ketua DWP Kota, Ir Buraida MM MT mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya melestarikan budaya Aceh. “Selain itu, kita ingin memotivasi anggota DWP mempersiapkan diri memiliki ketrampilan merangkai sirih dan menyusun hantaran pengantin, minimal bisa untuk keluarga sendiri dulu,” kata Buraida.

Ia berharap, ketika nantinya sudah memiliki ketrampilan merangkai sirih dan menyusu hantaran pengantin, para anggota DWP berkesempatan menerima pesanan dari luar yang kemudian dapat menambah pendapatan keluarga.

“Saya pikir ketrampilan ini juga bisa menambah pendapatan keluarga, dengan ketrampilan yang mereka miliki pastinya akan ada pesanan dari luar yang tentunya,” harapnya menuturkan.

Dia menambahkan, untuk penilaian panitia menghadirkan juri dari Jurusan Arsitek Unsyiah, DR Ir Izziah M Sc dan Zulfikar Taqiuddin S Sn. Kemudian dua juri lagi dari praktisi fashion, yakni Lisda dan Hannah.

Adapun kriteria penilaian adalah, kreatifitas, keindahan dan kebersihan. Juri menetapkan lomba merangkai sirih harus selesai dalam dua jam dan hantaran pengantin selama satu jam.

Reporter | Zusdia Rahmi

Facebook Comments

Komentar

News Feed