oleh

Ini Dia Empat Pilar Pembangunan Pariwisata Aceh

Reza Fahlevi
Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi bersama Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Ramadhani. (Foto | ACEHTERKINI.COM)

Sabang-Untuk membangun pariwisata di Aceh, setidaknya ada empat pilar. Keempat pilar itu masing-masing, membangun destinasi, pemasaran dan promosi, industri pariwisata, dan sumber daya manusia.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, Minggu, 22 Mei 2016, kepada wartawan, di Kota Sabang.

Dia menjelakan, pembangunan sektor kepariwisataan perlu dipersiapkan infrastruktur, fasilitas dan akses ke lokasi destinasi wisata. Sedangkan pemasaran dan promosi merupakan upaya untuk melakukan pencitraan serta usaha-usaha untuk membangun jaringan dengan pelaku usaha.

“Kemudian, industri pariwisata, setidaknya ada 16 sub sektor yang harus terlibat, mulai dari transportasi, restoran, hotel, kaffe dan komunitas lain, sementara sumber daya manusia (SDM) dengan meningkatkan pelatihan-pelatihan juga sangat diperlukan,” terangnya.

Karena itu, sambung dia, pihaknya terus dan sedang gencar-gencarnya memberikan pelatihan dan ini tidak boleh berhenti. Pasalnya, Disbudpar Aceh telah menargetkanpada tahun 2016 ini ada 500 orang yang bersertifikasi.

“Tentunya, untuk mewujudkan keempat pilar itu diperlukan kesolidan, baik dari pemerintah, akademisi, media, dan komunitas. Kemudian dijajaran pemerintah juga harus solid dengan instansi terkait lainnya,” sambung dia.

Untuk mendukung pertumbuhan dunia pariwisata, lanjut dia, juga harus didukung dengan keramah-tamahan masyarakat setempat. Kepedulian dan keramahtamahan harus terus dibentuk dan memerlukan waktu serta kesabaran.

“Pemerintah Aceh tidak pernah berhenti melatih pelaku indsutri pariwisata. sebelumnya di Sabang dilaksanakan sertifkasi pemandu wisata untuk diving, mereka sudah dilatih dan dilakukan uji kompetensi,” sambungnya.

Reporter | Rizal JP

Komentar

News Feed