full screen background image

Euro 2016: Menghitung Peluang Para Raksasa

Share Button
Timnas Portugal

Sejumlah pemain Portugal melakukan protes saat pertandingan lanjutan piala Eropa 2016 grup F di Parc des Princes, Prancis, (19/6). Portugal bermain imbang 0-0 dengan Austria. (REUTERS/Christian Hartmann) | Foto | REUTERS/LIPUTAN6.COM

Jakarta-Fase grup Piala Eropa 2016 memasuki pertandingan terakhir. Sejauh ini, baru tiga tim, Prancis, Italia dan Spanyol yang menjejakkan kaki ke babak 16 besar Prancis, Spanyol dan Italia tidak perlu memastikan tiket hingga pertandingan terakhir karena sudah dua kali memetik kemenangan.

Prancis sebagai tuan rumah, memastikan diri menjadi tim yang pertama yang melaju ke fase knock-out setelah mengalahkan Albania di pertandingan kedua dengan skor 2-0. Dimitry Payet dan Antoine Griezmann menjadi bintang kemenangan Tim Ayam Jantan. Sebelum mengalahkan Albania, Prancis menekuk Rumania di partai pembuka.

Tim raksasa lainnya, Italia menyusul langkah Prancis ke babak 16 besar. Tim besutan Antonio Conte ini memetik dua kemenangan melawan Belgia dan Swedia. Dengan dua kemenangan, Gli Azzurri menyambar satu tiket knock-out dari babak penyisihan grup D.

Sementara itu, juara bertahan Piala Eropa 2012, Spanyol tampil perkasa di grup D. La Furia Roja memuncaki klasemen memetik enam poin hasil dari dua kali kemenangan melawan Republik Ceko dan Turki. Memasuki pertandingan ketiga, masih terdapat tiga tim unggulan yang masih belum memastikan langkah ke babak 16 besar. Mereka adalah Inggris, Jerman dan Portugal.

Timnas Inggris

Timnas Inggris. (Foto | LIPUTAN6.COM

TheThree Lions masih harus menunggu pertandingan terakhir untuk menentukan nasib. Kepercayaan Inggris sedang berlipat setelah di partai kedua mereka memetik kemenangan atas Wales dengan skor 2-1. Tambahan tersebut membuat Inggris berpeluang lolos ke babak 16 besar. Syaratnya, mereka bisa mengalahkan Slovakia di laga terakhir. Inggris kini mengemas 4 poin.

Lantas bagaimana dengan juara dunia, Jerman? Tim besutan Joachim Loew itu sempat memetik kemenangan di laga pertama melawan Ukraina dengan skor meyakinkan dua gol tanpa balas. Sayang, di pertandingan kedua Jerman harus bermain seri dengan negara serumpun, Polandia.

Timnas Jerman

Timnas Jerman. (Foto | LIPUTAN6.COM

Jerman masih bisa lolos dengan hasil imbang di pertandingan terakhir kontra Irlandia. Namun posisi ini masih belum aman. Pasalnya, Jerman masih bergantung di pertandingan lainnya. Ukraina harus mampu mengalahkan Polandia untuk memuluskan jalan Jerman ke 16 besar bila mendapat hasil imbang.

Sedangkan, Portugal terancam batal ke 16 besar untuk pertama kali sejak pertama kali tampil di Piala Eropa 1996. Portugal kini menempati peringkat 3 klasemen grup F. Kemungkinan tersebut didapat menyusul hasil dua kali imbang yang didapat dari tangan Islandia dan Austria. Pada pertandingan terakhir kontra Austria, sang megabintang, Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti. Portugal akan lolos ke 16 besar bila memetik kemenangan di pertandingan terakhir kontra Hungaria.

Timnas Portugal

Timnas Portugal. (Foto | LIPUTAN6.COM

Pasalnya, Portugal memiliki poin yang sama dengan Islandia, sama-sama mengantongi 2 poin. Bila Islandia menang atas Austria, sedangkan Portugal bermain imbang kontra Hungaria, maka Portugal berada dalam lubang jarum. Portugal tinggal berharap lolos dari peringkat 3 terbaik.

Sumber | LIPUTAN6.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.