full screen background image

Gampong Gajah Ayee Pilot Project Gampong KB di Pidie

Share Button
gampong-kb

Pencanangan gampong Keluarga Berencana (KB) XXII di Kabupaten Pidie. FOTO | NAD.BKKBN.GO.ID

Sigli-Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Mustafa Kamal, atas nama Plt Bupati Pidie, Selasa, 8 November 2016, membuka pencanangan gampong Keluarga Berencana (KB) XXII di Kabupaten tersebut. Dia menyampaikan, program KB di gampong Gajah Ayee sebagai pilot project gampong KB yang merupakan salah satu program nasional yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Dikatakan dia, pertumbuhan penduduk Aceh sejak lima tahun terakhir mencapai 2,8 persen pertahun. Karena itu, jika tidak dikendalikan peningkatan penduduk maka akan menyebabkan persoalan sosial.

“Seperti kehidupan keluarga menjadi tidak berkualitas. Untuk menghindari hal tersebut perlu upaya bersama guna menekankan pertumbuhan penduduk yang ideal berkisar 1,2 persen pertahun,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya program KB ini dapat mengatur kelahiran, sehingga ibu melahirkan lebih sehat dan hak anak dapat terpenuhi pendidikan yang lebih baik.

“Nantinya di gampong Gajah Ayee, program gampong KB akan dilaksanakan program bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, pemberdayaan ekonomi keluarga, pemantapan posyandu yang terintergrasi dengan gampong lain,” tuturnya menyebutkan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Dr. dr M. Yani M. Kes, PKK, menyampaikan, pencanangan gampong KB dan bhakti sosial TNI-KB kesehatan. Salah satunya program KB adalah pengendalian penduduk yang berkualitas dalam mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera.

“Pada program tersebut diadakan kegiatan seperti penyuluhan, edukasi serta program kesehatan dan pendidikan yang berimbas secara langsung maupun tidak langsung kepada peningkatan kualitas keluarga agar tercapainya program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK),” katanya.

Dijelaskan dia, gampong KB adalah implementasi operasional pengendalian kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga yang dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat melalui pemberdayaan serta kemudahan akses kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan, khususnya bidang kependudukan, KB, serta pembangunan keluarga, terangnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan yang dilaksanakan pada pencanangan gampong KB yaitu pelayanan Posyandu dan sunnat massal dibawah koordinasi Kodim 0102 Pidie.

Turut hadir dalam kesempatan itu, unsur SKPK Pidie, muspika dan elemen masyarakat. Sementara dari Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh hadir, Kabid ADPIN Ir. Nurzikra hayati, Sekretariat Razali SE, Ka Latbang Drs. Saflawi TR, MM, Kabid KB Husni Thamrin, SE. MM dan Kabid DALDUK, Irma Dimyati SE, Msi serta staf Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh.[]

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.