full screen background image

Gasak Slovakia 3-0, Jerman ke Perempatfinal

Share Button

Lille-Jerman terlalu kuat untuk Slovakia. Die Mannschaft menang telak dengan skor 3-0 atas lawannya itu untuk lolos ke babak perempatfinal Piala Eropa 2016.

Pada laga babak 16 besar di Stade Pierre-Mauroy, Lille Metropole, Minggu (26/6/2016), Jerman sedikit mengubah susunan pemainnya dibandingkan saat melawan Irlandia Utara di fase grup. Posisi Mario Goetze di lini serang digantikan oleh Julian Draxler. Sepuluh pemain lainnya masih sama.

Jerman tampil sangat mendominasi sejak kick-off. Mereka memaksa Slovakia bertahan sangat dalam. Saking dominannya Jerman, duet bek tengah Mats Hummels dan Jerome Boateng sering melewati garis tengah untuk ikut membangun serangan, terutama di babak pertama.

Jerman unggul 2-0 hingga jeda. Tim besutan Joachim Loew itu membuka skor melalui tendangan keras Jerome Boateng pada menit kedelapan dan sontekan Mario Gomez pada menit ke-43. Mereka sebenarnya punya kesempatan unggul lebih besar, tapi tendangan penalti Mesut Oezil dimentahkan kiper Slovakia.

Pada babak kedua, Jerman mencetak satu gol tambahan. Gol ketiga ini diciptakan oleh Draxler pada menit ke-63.

Kemenangan ini meloloskan Jerman ke babak perempatfinal. Mereka selanjutnya akan menghadapi pemenang laga Italia versus Spanyol.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama pada laga ini didapatkan oleh Sami Khedira. Khedira menyambut umpan dari Toni Kroos dengan sundulan kepala, tapi upayanya bisa diantisipasi oleh kiper lawan.

Jerman hanya butuh waktu delapan menit untuk unggul. Mereka memimpin 1-0 berkat gol Boateng. Diawali sebuah tendangan sudut, barisan belakang Slovakia mampu menghalau bola. Namun, si kulit bundar jatuh ke arah Boateng yang berada di depan kotak penalti. Tanpa pikir panjang, Boateng langsung melepaskan tembakan first time yang menggetarkan gawang Slovakia.

Pada menit ke-13, Jerman mendapatkan hadiah penalti setelah Martin Skrtel melanggar Mario Gomez di mulut gawang. Akan tetapi, hadiah penalti itu gagal mereka manfaatkan. Mesut Oezil yang maju sebagai eksekutor gagal menaklukkan kiper Slovakia, Matus Kozacik, dan tembakannya ditepis.

Percobaan Kroos beberapa saat kemudian tidak membuahkan gol kedua untuk Jerman. Tembakan jarak jauh Kroos masih melebar.

Oezil juga gagal memaksimalkan peluang yang diperolehnya pada menit ke-24. Dia menyambar bola liar di kotak penalti dengan sepakan keras, tapi masih sedikit melenceng.

Berikutnya, gawang Slovakia terancam oleh aksi Thomas Mueller. Namun, bola tembakan Mueller dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi Kozacik.

Memasuki menit ke-39, giliran Draxler yang mendapatkan kesempatan. Draxler melepaskan tembakan diagonal, yang tak berbuah gol karena masih melebar.

Slovakia nyaris menyamakan kedudukan saat pertandingan memasuki menit ke-41. Jurac Kucka menyundul bola hasil umpan silang Peter Pekarik, tapi Manuel Neuer membuat penyelamatan luar biasa dengan terbang menepis bola.

Dua menit kemudian, Jerman berhasil menggandakan keunggulannya berkat gol Gomez. Gol Gomez ini tak lepas dari aksi individu Draxler di sisi kiri kotak penalti Slovakia. Draxler mampu melewati Kucka dan kemudian memberikan umpan matang kepada Gomez. Gomez pun tinggal mencocor si kulit bundar ke dalam gawang.

Skor 2-0 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga berakhirnya babak pertama.

Dalam kondisi tertinggal dua gol, Slovakia mau tak mau harus keluar menyerang pada babak kedua. Mereka punya kans pada menit ke-49, tapi tembakan keras Kucka mengarah tepat ke tangkapan Neuer. Lima menit kemudian, tendangan bebas Marek Hamsik masih melambung. Tendangan bebas Kucka pada menit ke-58 juga tak menemui sasaran.

Intensitas serangan Jerman sebenarnya mulai menurun pada babak kedua. Namun, mereka justru berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui gol Draxler pada menit ke-63.

Gol ini berawal dari sepak pojok yang diambil Kroos. Draxler yang berdiri bebas melihat bola liar menuju ke arahnya. Dia langsung menyambar bola dengan tembakan voli ke arah tiang dekat tanpa bisa dihentikan Kozacik.

Slovakia memiliki kans untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-68. Jan Durica mengambil sebuah tendangan bebas, tapi arahnya masih sedikit menyamping.

Di sisa waktu, Jerman masih mencoba untuk mencetak gol tambahan. Akan tetapi, hingga berakhirnya pertandingan, mereka harus puas dengan kemenangan 3-0.

Susunan Pemain
Jerman: Neuer; Hector, Hummels, Boateng (Hoewedes 71′), Kimmich, Khedira (Schweinsteiger 76′), Kroos, Oezil, Draxler (Podolski 72′), Mueller, Gomez

Slovakia: Kozacik; Pekarik, Skrtel, Durica, Gyomber (Salata 84′); Skriniar, Kucka, Hrosovsky, Hamsik, Weiss (Gregus 46′); Duris (Sestak 64′)

Sumber | DETIK.COM 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.