full screen background image

Gempa 5,6 SR Hentak Aceh Saat Azan Berkumandang

Share Button
Peta Gempa

Peta gempa bumi yang terjadi, Selasa, 17 Januari 2017, Pukul 18:48:26 WIB. FOTO : NET

Banda Aceh-Gempa berkekuatan 5,6 SR menghentak provinsi Aceh saat azan Magrib sedang berkumandang di Masjid-masjid maupun meunasah melalui alat pengeras suara. Meski hanya berlangsung beberapa detik, namun peristiwa tersebut sempat membuat sebagian warga berhamburan keluar rumah.

Rahmi, (21), salah seorang warga asal Aceh Utara yang sedang berada di Kota Banda Aceh, mengaku turut merasakan getaran gempa yang mengguncang Aceh.Ssaat, itu ia sedang mengambil wudhu untuk menunaikan ibadah Shalat Magrib, di rumah keluarganya di kawasan Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman.

“Saat saya mengambil Wudhu gempa itu terjadi dan sempat was-was juga sih, meskipun guncangannya tidak begitu lama,” ujar mahasiswa semester VI Jurusan Sosiologi, Universitas Malikul Saleh, Lhokseumawe, Selasa, 17 Januari 2017, di Banda Aceh.

Informasi diperoleh media ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan, sekira pukul 18:48:26 WIB gempa mengguncang Aceh. Lokasi gempa berada di 6.09LU93.24BT atau berada pada 243 Km BaratLaut Kota-Sabang-Aceh dengan kedalaman 10 Km. Namun, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami. 

Sebagaimana diketahui, meskipun pusat gempa berada Kota Sabang, namun hentakan gempa tersebut turut dirasakan penduduk di Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya. Sebeumnya, atau pada 13 Januari 2017, sekira pukul 02:19:58 WIB gempa berkekuatan 5,4 SR mengguncang Kota Banda Aceh

Penulis |T. Irawan

 

 

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM


Copy Protected by Tech Tips's CopyProtect Wordpress Blogs.