oleh

Gempa di PNG, Tidak Ada Ancaman Tsunami ke Indonesia

Share Button
peta-gempa
Pusat gempa di Papua Niugini, Sabtu (17/12/2016). FOTO | USGS/KOMPAS.COM 

Jakarta-Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,9 (sebelumnya tercatat 8,0) yang terjadi di Papua Niugini (PNG), Sabtu (17/12/2016) pukul 17.51 WIB berpotensi menimbulkan tsunami di berbagai negara.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) menyebutkan kemungkinan tsunami terjadi hingga 3 jam ke depan sejak terjadi gempa di wilayah pantai PNG, Indonesia, Nauru, Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Kosrae, Vanuatu, dan Selandia Baru.

Namun, Badan Nasional Pananggulangan Bencana (BNPB) memastikan tidak ada ancaman tsunami akan terjadi di wilayah Indonesia.

“Tidak ada dampak tsunami ke wilayah Indonesia. BMKG telah menyampaikan informasi bahwa gempa di wilayah PNG tersebut berpotensi tsunami lokal. Tidak ada pengaruhnya terhadap wilayah Indonesia. Masyarakat diimbau tenang. Indonesia aman,” demikian pernyataan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BPB Sutupo Purwo Nugroho yang diterima Kompas.com.

Berdasarkan data Badan Geologi AS atau United States Geological Survey (USGS), pusat gempa berada di koordinat 4, 509 Lintang Selatan (LS) dan 153,45 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 103,2 kilometer.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan di wilayah daratan sekitar pusat gempa maupun korban manusia. USGS menerima 6 laporan warga yang merasakan getaran dengan kekuatan setara maksimum VI modified mercally intencity (MMI) atau terasa kuat, namun tak menimbulkan kerusakan berat.

SUMBER | KOMPAS.COM 

Facebook Comments

Komentar

News Feed