oleh

Gol Paul Pogba Beri Prancis Kemenangan atas Australia

Kazan-Prancis memetik tiga poin di laga pertama Grup C Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Australia 2-1. Gol Paul Pogba menjadi penentu kemenangan Les Bleus.

Bermain di Kazan Arena, Sabtu (16/6/2018) sore WIB, Prancis gagal menciptakan gol ke gawang Australia di babak pertama. Padahal, mereka mampu mendominasi di periode 45 menit awal.

Prancis baru bisa memimpin lebih dulu di menit ke-58 lewat penalti Antoine Griezman. Akan tetapi, Australia membalasnya pada menit ke-62 lewat gol Mile Jedinak. Gol itu juga berasal dari titik penalti.

Les Bleus pada akhirnya berhasil mencetak gol kemenangan di menit ke-81 lewat gol Pogba. Prancis pun berhasil merebut tiga poin di laga pertama dan untuk sementara memimpin Grup C.

Laga Grup C lainnya akan mempertemukan Peru vs Denmark. Pertandingan akan berlangsung pada pukul 23.00 WIB.

Jalannya Pertandingan
Prancis langsung membuat ancaman ke gawang Australia saat laga baru berjalan dua menit. Kylian Mbappe dengan kecepatannya mampu melewati dua pemain Australia dan melepaskan tembakan, namun bola masih bisa ditepis oleh Mathew Ryan.

Prancis kembali mengancam selang tiga menit kemudian. Pogba melepaskan tembakan lewat tendangan bebas, tapi bola masih dengan mudah ditangkap Ryan.

Australia masih belum bisa keluar dari tekanan selama laga berjalan 15 menit. Upaya Socceroos untuk balas menyerang kerap gagal sebelum bola melewati sepertiga pertahanan Prancis.

Peluang dari Australia baru hadir di menit ke-17. Aaron Mooy mengirim umpan lewat tendangan bebas ke dalam kotak penalti, bola ditanduk oleh Matthew Leckie, dengan gemilang Hugo Lloris menepis bola itu.

Prancis kembali berusaha menekan pertahanan Australia dengan mengandalkan kecepatan Mbappe dan umpan bola panjang. Namun, masih belum membuahkan hasil sampai laga berjalan setengah jam.

Tempo pertandingan sedikit melambat setelah Australia cenderung menunggu sambil membayangi pemain Prancis. Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan untuk kedua tim.

Prancis mengawali babak kedua dengan serangan. Mereka menekan dari semua sektor, tetapi pertahanan Australia masih cukup tangguh.

Les Bleus mendapat kesempatan emas di menit ke-54. Griezmann berhasil menggiring bola melewati pemain belakang Australia dan masuk ke dalam kotak penalti. Namun, dia terjatuh setelah ditekel pemain lawan.

Wasit sempat menganggap itu bukan penalti, akan tetapi keputusan diambil dengan melihat video assistant referee (VAR). Alhasil, wasit Andres Cunha menunjuk titik putih.

Girezmann, yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya. Prancis unggul 1-0 di menit ke-58.

Petaka berbalik ke Prancis di menit ke-62. Wasit menunjuk titik putih untuk Australia setelah Samuel Umtiti menyentuh bola dengan tangan. Jedinak, yang maju sebagai eksekutor berhasil mengubah skor menjadi 1-1.

Pelatih Didier Deschamps melakukan dua pergantian di menit ke-70. Oliver Giroud dan Nabil Fekir dimainkan untuk menggantikan Griezmann dan Ousmane Dembele.

Tim Prancis akhirnya kembali bersorak di menit ke-81. Pogba berhasil melesakkan gol lewat sontekan di dalam kotak penalti. Bola sempat membentur sisi mistar bagian dalam sebelum terpental keluar setelah jatuh ke tanah.

Lagi-lagi teknologi bekerja dengan baik untuk tim Prancis. Wasit menyatakan gol berdasarkan teknologi garis gawang.

Tak ada gol tambahan di sisi waktu. Prancis pun menutup laga dengan kemenangan 2-1 atas Australia.

Susunan Pemain:
Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Umtiti, Hernandez; Pogba, Tolisso (Matuidi 78′), Kante; Mbappe, Griezmann (Giroud 70′), Dembele (Fekir 70′).

Australia: Ryan; Risdon, Milligan, Sainsbury, Behich; Jedinak, Mooy; Kruse (Arzani 84′), Leckie, Rogic (Irvine 72′); Nabbout (Juric 64′).

(Sumber | DETIK.COM)

Facebook Comments

Komentar

News Feed