full screen background image

Griezmann, Sensasi Baru Les Bleus

Share Button
Griezmann

Dua musim cemerlang di level klub bersama Atletico Madrid, Antoine Griezmann akhirnya “resmi” menjadi sensasi baru tim nasional Prancis. (Foto | REUTERS/Kai Pfaffenbach/SPORT.DETIK.COM)

Marseille-Dua musim cemerlang di level klub bersama Atletico Madrid, Antoine Griezmann akhirnya “resmi” menjadi sensasi baru tim nasional Prancis.

Barometernya sangat mudah. Di Piala Eropa 2016 ini ia sudah mencetak enam gol dari enam pertandingan, dan itu menjadikannya sebagai kandidat terkuat top skorer turnamen.

Dua gol terakhir Griezmann dicetak di laga besar melawan Jerman di babak semifinal di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (8/7/2016) dinihari WIB. Gol-gol dari kaki pemain bernomor punggung 7 itulah yang memenangkan Prancis 2-0 dan lolos ke final.

Situs-situs statistik mencatat sebagai berikut:

– Griezmann menyusul jejak Michel Platini sebagai pemain Prancis yang mampu mencetak minimal 4 gol dalam satu turnamen Piala Eropa. Platini melakukannya di Euro 1984, dengan 9 gol.

– Pemain yang baru dilewati Griezmann adalah Zinedine Zidane, yang mengoleksi total lima (5) gol di ajang Piala eropa.

Dalam usianya yang masih muda (25 tahun), Griezmann juga berpeluang menjadi top skorer Piala Eropa sepanjang sejarah, yang saat ini dipegang bersama oleh Platini dan Cristiano Ronaldo (Portugal), yang sama-sama mengumpulkan 9 gol. Ronaldo membuatnya dalam empat turnamen, namun saat ini sudah berusia 31 tahun.

Griezmann dalam dua musim terakhir selalu mencetak 22 gol per musim di Liga Spanyol bersama Atletico. Musim kemarin adalah masa paling produktif dalam karier dia, karena berhasil mencetak total 25 gol dalam 54 pertandingan di semua ajang.

Di level timnas, Griezmann melakoni debutnya pada Maret 2014, dan terpilih ke skuat Prancis untuk Piala Dunia 2014. Ia selalu dimainkan dalam lima pertandingan “Ayam Jantan”, tapi tidak mencetak gol.

Dan kini, di turnamen internasionalnya yang kedua, penyerang kelahiran 1 March 1991 itu langsung melejit dan menjadi calon top skorer. Total ia sudah menyumbang 13 gol dari 33 caps-nya bersama Les Bleus.

Sumber | SPORT.DETIK.COM

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM