oleh

Gubernur : Pendidikan Sektor Strategis Dalam Membangun SDM yang Handal

Zaini Abdullah
Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, dalam sebuah kesempatan saat sedang berbincang-bincang dengan pelajar. FOTO | Dok. PENAPOST.COM

Kuala Simpang-Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, mengungkapkan, pembangunan sektor pendidikan merupakan salah satu sektor strategis dalam membangun sumber daya manusia yang handal.

“Salah satu jenis pendidikan yang dinilai efektif dalam mendorong lahirnya SDM yang handal adalah pendidikan kejuruan yang siap melahirkan tenaga-tenaga muda trampil dalam mengisi peluang kerja di masyarakat,” ungkap Zaini Abdullah, pada pembukaan rangkaian kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Aceh, Selasa, 27 September 2016 malam, di Kuala Simpang.

Dikatakan dia, begitu pentingnya pengembangan sekolah kejuruan ini, sehingga Presiden Republik Indonesia sampai mengeluarkan Instruksi Nomor 9 Tahun 2016, tentang revitalisasi sekolah menengah kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia.

“Instruksi ini tentu saja sejalan dengan kondisi Aceh yang sangat membutuhkan banyak tenaga trampil untuk mengisi peluang kerja di berbagai sektor usaha. Karena itu Pemerintah Aceh berkomitmen untuk melaksanakan Instruksi ini dengan memperkuat dan mengembangkan SMK-SMK yang ada di berbagai daerah,” kata Gubernur Zaini.

Ia juga mengaku bangga, sebab dari tahun ke tahun prestasi siswa-siswi SMK Aceh terus meningkat. Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari hasil LKS tingkat nasional di Malang pada Mei lalu.

“Tercatat ada 21 orang siswa SMK asal Aceh yang mendapatkan penghargaan nasional pada ajang itu sehingga menempatkan Aceh pada peringat sembilan nasional. Berkat prestasi itu, tiga siswa SMK Aceh akan mewakili Indonesia untuk mengikuti Skill Word Competition di Uni Emirat Arab pada tahun 2017 mendatang,” katanya lagi.

Pemerintah Aceh, sambung dia, telah memberikan apresiasi kepada siswa-siswi SMK yang meraih prestasi terbaik pada ajang LKS Nasional itu. Diharapkan pada tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi pelajar SMK Aceh yang meraih prestasi serupa, sehingga citra SMK di Aceh semakin meningkat.

Menurutnya, untuk mendorong lahirnya siswa-siswi SMK yang cerdas dan kreatif, tentunya harus mampu diciptakannya kondisi belajar yang nyaman, lengkap serta menghadirkan daya saing serta semangat berkompetisi yang sehat.

“Semua itu merupakan keharusan yang mesti kita penuhi guna menjawab tuntutan zaman, apalagi di era masyarakat ekonomi Asean ini, tingkat persaingan sumber daya manusia semakin ketat,” tuturnya.

Reporter | Rizal JP

Komentar

News Feed