full screen background image

Gubernur Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Aceh Jaya dan Nagan Raya

Share Button
serahkan bantuan

ilustrasi-Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah, saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran pesantren di Aceh Jaya. FOTO | ACEHPROV.GO.ID 

Banda Aceh-Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah melalui Dinas Sosial Aceh meyalurkan bantuan masa panik berupa lauk pauk dan sandang pangan kepada para korban banjir di Kabupaten Aceh Jaya dan Nagan Raya.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan sandang pangan kepada para korban di sembilan kecamatan yang terkena dampak banjir di Aceh Jaya, Kamis malam (25/8).

Sedangkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Nagan Raya menurut Alhudri akan disalurkan pada Jumat (26/8) dengan kerjasama Dinas Sosial kabupaten setempat. “Sementara untuk Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Selatan kita sedang konfirmasi dengan bupati terkait,” kata Alhudri dari lokasi banjir di Aceh Jaya.

“Pak Gubernur Zaini menitipkan salam hangat kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, dan berharap para korban agar senantiasa sabar dan bertawakkal dalam menghadapi musibah alam ini,” ujarnya.

Kepala Biro Humas Setda Aceh, Frans Dellian mengatakan kondisi cuaca saat ini yang masih berpotensi mengakibatkan banjir. Oleh arena itu, Gubernur Zaini sudah memerintahkan instansi terkait dari Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) untuk tetap siaga menghadapi bencana tersebut.

Untuk mempercepat proses bantuan, Gubernur Aceh menurut Frans telah memerintahkan Kepala Dinas Sosial Aceh untuk memanfaatkan gudang buffer stock milik Pemerintah Aceh yang tersebar di beberapa kabupaten seluruh Aceh melalui Dinas Sosial kabupaten setempat.

“Semua pihak harus siaga menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, jangan sampai ada masyarakat yang kesulitan pangan dan terjejas kesehatannya akibat banjir,” kata Gubernur seperti yang dituturkan oleh Frans.

Gubernur Zaini kata Frans Dellian turut memerintahkan pihak terkait untuk segera memperbaiki infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat, sedikitnya 8.506 jiwa dari 9 kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya mengungsi akibat hujan deras yang mengakibatkan banjir di wilayah mereka. Sedangkan di Aceh Barat, banjir melanda 24 desa di 4 kecamatan.

Dinas Sosial Aceh berserta Dinas Sosial kabupaten terkait telah membantu proses evakuasi warga, menyerahkan bantuan masa panik sandang pangan dan mendirikan dapur umum kepada para pengungsi.

Reporter | Rizal JP

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM