oleh

Ingat 3 Hal Berikut Agar Salat Makin Khusyuk

Jakarta-Kewajiban sebagai umat muslim ialah menjalankan perintah serta menjauhi segala larangannya. Allah pun telah menetapkan apa saja yang harus dijalankan umatnya, salah satunya adalah solat wajib lima waktu. kali ini vemale akan membagikan beberapa tips agar ibadah dapat lebih khusyuk. Simak ulasan berikut ini.

Ketika seorang muslim sudah khusyuk dalam beribadah, ia akan berkonsentrasi penuh dalam ibadahnya. Sayangnya, ada banyak hal di pikiran yang justru bikin kekhusyukan seorang muslim dalam beribadah buyar alias berantakan. Lantas bagaimana agar salat yang didirikan lebih khusyuk dan penuh konsentrasi?

Dilansir LIPUTAN6.COM dari laman dream.co.id, mengutip dari Syeikh Ahmad bin Hijazi Al Fasyani dalam Al Majalius Saniyyah, Syarah Al Arbain Nawawiah, Syeikh Ibnul Mulqin mengingatkan bahwa sedikitnya ada tiga hal yang harus diingat saat mendirikan salat.

“Ibnu Mulqin berkata, alangkah indahnya kalimat sejumlah orang shaleh berikut ini, ‘Bila kamu sedang salat, sadarilah bahwa Allah sedang di hadapanmu. Karena itu, hadapilah (dengan benar) Allah yang sedang menghadapimu, yang dekat denganmu dan sedang memandangmu.”

Agar lebih khusyuk dalam mengerjakan salat, hal pertama yang harus disadari adalah di mana Allah berada di hadapannya dan melihatnya beribadah. Ketika kita sadar Allah di depan kita, tentu kita tidak akan main-main dalam menjalankan perintahnya.

Untuk hal kedua dan ketiga adalah bayangkan bahwa kita sedang di ambang kematian. Ketika kita ingat mati, niat untuk beribah akan semakin baik.

“Bila kamu sedang rukuk, jangan bayangkan usiamu panjang sampai i’tidal. Bila kamu sedang i’tidal, jangan bayangkan usiamu berlangsung sampai pada kondisi sujud. Bayangkan surga ada di sisi kananmu dan neraka di sisi kirimu sementara sirath di bawah kedua telapak kakimu. Kalau begini caranya, baru kamu benar-benar salat.”

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang-orang yang senantiasa beribadah dengan khusyuk dan penuh keikhlasan serta ketulusan. Semoga informasi ini bermanfaat.[]

(Sumber | LIPUTAN6.COM)

Facebook Comments

Komentar

News Feed