full screen background image

Iran Jual Minyak ke Prancis, dan Borong 118 Airbus Rp 347 T

Share Button

Iran Jual MInyak Ke PrancisJAKARTA-Iran telah deal untuk memborong 118 pesawat dari Airbus, termasuk 12 pesawat super jumbo A380s. Nilainya US$ 25 miliar, atau sekitar Rp 347 triliun (kurs Rp 13.880/US$).

Kesepakatan pembelian ini termasuk pelatihan pilot dan perawatan, serta dukungan pelayanan kepada Iran Air, yang akan kembali melayani penerbangan internasional pasca pencabutan sanksi.

“Pembelian ini sebagai permulaan kembali pengembangan sektor penerbangan sipil. Bersama Airbus sebagai partner kami, kami yakin bisa mencapai standar dunia,” jelas CEO Iran Air, Farhad Parvaresh, dilansir dari CNN, Jumat (29/1/2016).

Iran juga telah sepakat untuk penjualan minyak ke Prancis, melalui perusahaan minyak raksasa Prancis, yaitu Total. Dalam perjanjian ini, Total juga akan mempelajari kemungkinan kerjasama pengembangan industri minyak di Iran.

Pasca dicabutnya sanksi ekonomi, Presiden Iran, Hassan Rouhani melakukan lawatan ke sejumlah kota di Eropa seperti Roma dan Paris, untuk menyaksikan perjanjian bisnis miliaran dolar.

Rouhani memang tengah mencari investor untuk pengembangan energi, migas, agrikultur, teknologi, otomotif, pertambangan, telekomunikasi, serta modernisasi transportasi udara dan kereta, serta kerja sama pariwisata.

Produsen mobil asal Prancis, Peugeot Citroen juga menyatakan akan melakukan investasi 400 juta euro (US$ 436 juta) dalam 5 tahun, untuk mengembangkan industri otomotif bersama partner dari IRan, Khodro.

Diperkirakan kebutuhan mobil Iran bakal mencapai 2 juta per tahun di 2022, dari jumlahnya di 2011 sebanyak 1,6 juta.

SUMBER | DETIK.COM

Facebook Comments