oleh

Irwandi Ajak Semua Pihak Bantu Korban Gempa Pidie Jaya

Share Button
irwandi-yusuf
Mantan Gubernur Aceh periode 2007-2012 yang juga calon gubernur Aceh peiode 2017-2022, Irwandi Yusuf. FOTO | TEMPO.CO 

Banda Aceh-Mantan Gubernur Aceh periode 2007-2012 yang juga calon gubernur Aceh peiode 2017-2022, Irwandi Yusuf, mengajak kepada semua elemen masyarakat yang ada di Aceh bersatu padu memberikan bantuan kepada para korban musibah gempa bumi yang menimpa Aceh khususnya Kapubaten Pidie Jaya, Pidie dan Kabupaten Bireuen, pada Rabu, 7 Desember 2016.

Pencetus Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) itu menyampaikan rasa duka yang mendalam terhadap musibah gempa yang menimpa warga Aceh khususnya yang berada di Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya.

“Aceh kembali dirundung duka dengan bencana gempa berkekuatan 6.2 SR yang melanda Pidie, Pidie Jaya dan sejumlah daerah di pantai timur Aceh Rabu dini hari 7 Desember 2016. Dilaporkan sekitar 24 orang meninggal dalam musibah ini, dan ratusan luka-luka. Tentu saja membuat kita semua bersedih. Berdasarkan data yang dikumpulkan, diduga masih banyak korban terjebak dibawah reruntuhan bangunan,” tulis Irwandi Yusuf di akun facebook miliknya.

Pria yang akrab disapa Tgk Agam itu meminta semua pihak agar menjauhkan sikap egoisme kelompok dan dan pandangan politik demi tercapainya keikhlasan dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan juga sebagai rasa persaudaraan.

“Kami menghimbau semua elemen masyarakat Aceh untuk membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di daerah musibah. Singkirkan semua perbedaan politik ataupun haluan, mari bersatu bersama untuk membantu masyarakat Pidie dan Pidie Jaya. Tak perlu menepuk dada bahwa saya dari kelompok ini atau itu, lakukan dengan penuh keikhlasan, dan karena alasan kemanusiaan serta kewajiban sebagai muslim seperti diperintahkan Allah SWT,” imbau Tgk Agam.

Dia juga berharap kepada setiap orang yang ada di Aceh supaya mau menyisihkan sebagian harta miliknya kepada para korban bencana alam tersebut. Atau turun langsung ke tempat kejadian demi meringankan beban saudaranya yang saat ini sedang berusaha terus mencari kemungkinan korban yang masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

“Sekali lagi, saya mengajak semua warga Aceh yang mudah langkah dan rezeki untuk bersama-sama turun membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah ini. Mereka yang tak bisa mendatangi tempat, sedekahkan bantuan Anda ke jalur-jalur bantuan bencana. Bagi Anda yang bisa turun ke daerah bencana, segera dirikan posko-posko bantuan, terutama untuk bantuan evakuasi dan medis. Buat pendataan sesegera mungkin dan berkoordinasi dengan PMI, Basarnas dan instansi terkait agar segera mendapatkan pertolongan pertama,” tulis dia lagi.

Pendiri Partai Nasional Aceh (PNA) tersebut juga mengingatkan rakyat Aceh terkait tanah Serambi Makkah yang rawat dari bencana alam, dan hanya solidaritas serta ukhuwah yang dapat menjadikan Aceh kuat. Selain itu, Dia pun berharap kepada keluarga yang ditinggal korban mampi bersabar dan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.

Penulis | Hidayat Pulo

Facebook Comments

Komentar

News Feed