full screen background image

Irwandi Janji Tingkatkan Produksi Pertanian Aceh

Share Button
irwandi

Mantan Gubernur Aceh | Irwandi Yusuf. (FOTO | ACEHIMAGE.COM

Banda Aceh-Calon gubernur Aceh periode 2017-2022 yang diusung Partai Demokrat dan Partai Nasional Aceh (PNA), Irwandi Yusuf, memiliki tekad untuk terus memperhatikan sektor pertanian. Itu dilakukan jika ia kembali terpilih memimpin Aceh pada Pilkada 2017 mendatang.

Salah satu cara Irwandi dalam meningkatkan hasil produksi sawah atau produksi pertanian padi adalah dengan membangun irigasi di setiap sawah yang ada di provinsi paling ujung barat Indonesia ini. Hal itu disampaikan pria yang sering disapa tTeungku Agam itu dalam pidato politiknya pada konferensi pers di gedung taman budaya Banda Aceh, Kamis 25 Agustus 2016 lalu.

“Kita harus mampu membangun irigasi untuk mengairi sawah sawah kita. Di masa lalu, saya juga membangun irigasi-irigasi, banyak irigasi yang saya bangun tapi tidak komplit, tidak selesai, karena terlalu banyak irigasi, semua permintaan saya penuhi, akhirnya tidak ada yang siap, akhirnya tidak bisa dipergunakan dan tidak ada air di sawah,” ujar Irwandi.

Karena itu, ia mengaku masih mempunyai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, salah satunya adalah persoalan pada bidang pertanian, sebab itu pula ia berjanji akan membangun kembali irigasi-irigasi yang dulunya sempat dibangun dengan strategi yang berbeda.

“Kali ini insya Allah kalau kita diberi kepercayaan, saya akan mengubah strategi. Tergantung pada ekonomi keuangan Aceh. Saya kalau buat irigasi rencananya buat satu sampai selesai, baru pindah ke tempat lain, atau kalau mampu buat tiga sekaligus, selesai baru pindah ke tempat lain,” cetus pria pencetus program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) itu.

Selain membangun irigasi-irigasi di setiap sawah dan ladang pertanian yang membutuhkan banyak air, Irwandi Yusuf juga punya rencana cerdas lainnya dengan membuka lapangan kerja baru bagi yang ingin menjadi penyuluh bidang pertanian.

“Selain itu untuk meningkatkan produksi pertanian, akan kita tempatkan penyuluh-penyuluh permanen di setiap gampong. Ini berarti perekrutan tenaga kerja juga diperlukan,” tambah suami anggota DPRA Darwati A. Gani.

Selain hal tersebut, ia juga bertekad untuk menjaga sumber daya maritim Aceh. Ini lantaran mengingat sumber daya alam tersebut begitu luar biasa. “Aceh dikelilingi dengan laut sepanjang lebih dari 10.000 km, ikan kita banyak sekali yang berkualitas ekspor,” ungkap Irwandi Yusuf.

“Kita harus melakukan perlindungan terhadap sumber daya maritim, dan pada waktu bersamaan kita harus memberikan alat teknologi penangkapan ikan kepada nelaya-nelayan,” katanya lagi.

Irwandi Yusuf juga mengklaim masih banyak tempat-tempat pendaratan ikan dan perahu nelayan di Aceh yang masih banyak memerlukan pembenahan. “Bersamaan dengan hal ini, saya juga mengelilingi Aceh melihat tempat-tempat pendaratan perahu nelayan, masih banyak yang perlu dibenahi, ada yang dangkal, ada yang erosi, ada yang tidak ada dermaga, itu pekerjaan rumah kedepannya,” sebut Irwandi.

Reporter | Hidayat Pulo

Facebook Comments


Situs Berita Online Terpercaya | PENAPOST.COM